Jumat 15 Aug 2014 15:32 WIB

Masjid Riyadus Solihin Juara I Lomba Takbiran

Takbiran (ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Takbiran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Remaja Masjid Riyadus Solihin Kelurahan Dasan Agung menjadi juara umum I lomba takbiran tingkat Kota Mataram yang diselenggarakan Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah.

Hal itu diungkapkan Ketua Pantia Pelaksana Lomba Takbir Tingkat Kota Mataram, Lalu Fathurrahman dalam halalbihahal tingkat Kecamatan Selaparang di Mataram, Jumat.

Kegiatan halalbihahal dirangkaikan dengan penyerahan piala, penghargaan, hadiah dan uang pembinaan diserahkan langsung oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh kepada para pemenang.

Dia mengatakan, Remaja Masjid (Remas) Riyadus Solihin Lingkungan Perigi berhasil menjadi penyaji lomba takbiran terbaik setelah mengalahkan ratusan peserta lainnya di Kota Mataram.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan lomba takbiran itu pihaknya melibatkan 16 dewan juri yang akan melakukan penilaian pada enam kecamatan di Kota Mataram. Dengan ketentuan satu kecamatan dinilai oleh tiga dewan juri.

Karena dalam penilaian, masing-masing dewan juri akan melakukan penilaian terhadap tiga kriteria yakni, semarak takbir meliputi vokal, lagu takbir, harmonisasi lagu dan jumlah peserta.

Selanjutnya kekompakan, dengan penilaian meliputi keutuhan, kerapian, ketertiban serta keamanan barisan. sedangkan untuk kriteria penilaian dari segi kreativitas antara lain meliputi penampilan dan komposisi peserta.

"Yang tidak kalah pentingnya dalam penilaian kreativitas yakni jumlah lampion dan miniatur masjid yang dibuat oleh para peserta yang ikut diarak sambil menggemakan takbir, tasbih dan tahmid di sepanjang jalan," katanya.

Sementara lanjutnya, juara I tingkat Kecamatan Selaparang diraih oleh , Remas Masjid Baiturrahmin Lingkungan Suradadi Barat, kemudian Juara II Remas Nurul Yakin, Lingkungan Karang Baru Selatan, dan Juara III Remas Nurul Iman Lingkungan Oloh.

Selanjutnya, untuk juara harapan I Remas Al Hidayah Lingkungan Arong- Arong, kemudian Remas Nurul Iman Lingkungan Marong Jamaq dan Remas Al Awabien Lingkungan Gomoing Lama.

Sementara itu Lurah Dasan Agung Hambali mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap Remas Riyadus Solihin karena hampir setiap tahun menjadi juara lomba takbiran.

Diharapkan hal ini bisa menjadi motivasi dan meningkatkan antusias warga khususnya di Kelurahah Dasan Agung dalam berpartisipasi pada setiap acara keagamaan.

"Dasan Agung merupakan salah satu kelurahan yang aktif dan memiliki antusias tinggi, karena 13 Lingkungan yang ada tetap ikut serta kendati masih ada yang belum beruntung," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement