Ahad 10 Aug 2014 17:33 WIB

Purbalingga Tuan Rumah MHQ Jawa Tengah (1)

Rep: eko widiyanto/ Red: Damanhuri Zuhri
Masjid Agung Purbalingga
Masjid Agung Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Kabupaten Purbalingga, menjadi tuan rumah Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren XI tingkat Jawa Tengah yang akan diselenggarakan 26-28 Agustus 2014 mendatang.

Terkait pelaksanaan acara tersebut, Bupati Sukento Ridho Marhaendrianto menyebutkan, pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan.

''Persiapannya sudah 80 persen. Panitia juga sudah menghubungi beberapa hotel dan penginapan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat tinggal para peserta MHQ,'' jelasnya, Ahad (10/8).

Menurut Sukento, kondisi hotel yang disiapkan akan cukup memadai dengan tarif sekitar Rp 100 ribu sampai dengan Rp 500 ribu.

Dia menyebutkan, pemilihan Kabupaten Purbalingga sebagai tuan rumah MHQ, merupakan suatu kehormatan bagi Purbalingga. Hal ini mengingat tujuan dari penyelenggaraan MHQ adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta mempererat Ukuwah Islamiyah melalui pemasyarakatan Al-Qur’an kepada generasi muda.

Kepala Kantor Kementrian Agama  Purbalingga, Rochiman, juga menyatakan bahwa Kabupaten Purbalingga sudah benar-benar siap menjadi tuan rumah MHQ.

''Pelaksanaan MHQ, nantinya akan dipusatkan di Alun-alun Kota Purbalingga untuk pembukaan dan penutupannya. Rencananya, pembukaan akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,'' katanya.

Sedangkan untuk tempat lomba terbagi di beberapa tempat. Antara lain, untuk Majelis I berada di Pendapa Dipokusumo, Majelis II di Pendapa Wakil Bupati dan untuk Majelis II ada di Gedung Uswatu Khasanah Kantor Kemenag,'' kata Rochiman

Rochiman menambahkan materi yang akan dilombakan terdiri dari cabang Hifdzil Qur’an dan Tafsir Qur’an. Cabang Hifdzil Qur’an terdiri dua golongan yaitu 20 juz putra-putri dan 39 juz putra putri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement