Ahad 03 Aug 2014 08:44 WIB

Sebanyak 1.135 Calon Jamaah Haji Sulbar Lunasi BPIH

Latihan manasik haji (ilustrasi).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Latihan manasik haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat, menyebutkan hingga kini telah tercatat 1.135 Calon Jamaah Haji (Calhaj) telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) musim pemberangkatan tahun 2014.

"Calhaj rata-rata telah melunasi BPIH atau hanya sekitar tujuh orang dari 1.142 kuota haji yang akan berangkat tahun ini" kata Kepala Bidang Urusan Haji dan Umrah Kemenag Sulbar, Misbahuddin di Mamuju.

Menurut dia, bagi yang belum melakukan pelunasan BPIH maka yang bersangkutan bisa digantikan dengan calhaj lainnya. Namun demikian, proses pergantian itu bisa dilakukan apabila masa tenggat waktu yang ditentukan juga belum dipenuhi.

"Saya rasa calhaj yang belum melunasi ini akan segera menyetor dalam waktu dekat ini. Apabila tidak melakukan pelunasanan maka jelas akan tergantikan calhaj yang masuk kategori daftar tunggu," ungkapnya.

Misbahuddin menyampaikan, calhaj yang belum melakukan pelunasan BPIH diharapkan segera melakukan pembayaran pada Bank Penerima Setoran (BPS) terdekat di antaranya Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia), BNI (Bank Negara Indonesia), Bank Muamalat dan BPD (Bank Pembangunan Daerah).

"Para Calhaj yang belum melunasi BPIH dapat segera melakukan pelunasan pada bank-bank yang telah ditunjuk pemerintah penerima setoran sebelum tahap akhir pelunasan," katanya menyarankan.

Ia mengatakan, proses pergantian calhaj yang masuk dalam daftar tunggu ini disesuaikan dengan nomor urut. Jadi tidak ada istilah memberikan prioritas kepada calhaj lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement