Selasa 29 Jul 2014 14:03 WIB

Ribuan Umat Islam Ikuti Indonesia Menyimak Quran

suasana kegiatan indonesia menyimak quran oleh pesantren darul quran di masjid istiqlal jakarta
Foto: dok.pppa
suasana kegiatan indonesia menyimak quran oleh pesantren darul quran di masjid istiqlal jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, -- ''Seandainya dari kecil, kita gak berhenti menghafal Alquran, sudah berapa banyak surat-surat dalam Alquran yang kita hafal? Jangan-jangan malah sudah kita hafal semuanya, 30 juz,'' ujar Ustaz Yusuf Mansur pada acara Indonesia Menyimak Quran di Masjid Istiqlal, Ahad (20/7).

Tak ada jawaban yang keluar dari mulut pada jamaah. Jamaah yang jumlahnya ribuan orang itu, hanya tersenyum kecil seakan membenarkan apa yang dijelaskan pimpinan Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) Ustaz Yusuf Mansur.

Kemudian, Ustaz Yusuf Mansur mengajak seluruh jamaah memasang niat dengan penuh kesungguhan untuk menghafal Alquran 30 juz sejak saat ini juga.

''Ayo dah mari, kita pasang niat sama-sama, kita mulai menghafal Alquran mulai hari ini juga. Gak usah pasang target muluk-muluk. Misalnya, kita mulai dari yang kita bisa, satu ayat satu hari atau satu baris per hari,'' ajak Ustaz Yusuf Mansur.

Lewat Indonesia Menyimak Quran, yang menjadi bagian program Ramadhan, Daarul Quran ingin mengajak umat Islam Indonesia untuk mendaras Alquran, menyimak qiraatul Quran, belajar dan menghafal Alquran, mendengat taushiyah qiyamul lail, shalat dhuha dan bersedekah.

Seperti tahun sebelumnya, program Indonesia Menyimak Quran juga diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia selain di Pesantren Darul Quran Ketapang, Tangerang, Banten.

Kegiatan Indonesia Menyimak Quran di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat yang dihadiri ribuan umat Islam, sebagai pembukan kegiatan Indonesia Menyimak Quran (IMQ).

Sejak Ahad (20/7) malam, jamaah mengikuti IMQ yang menghadirkan para imam masjid di Mekkah dan Madinah seperti Syeikh Ahmad Al-Khannas, Syeikh Thaha Muhammad Abu Raya dan yang lainnya.

Sebanyak 800 peserta dari berbagai rumah tahfidz di Indonesia dan juga jamaah umum, mengikuti kegiatan Indonesia Menyimak Quran yang diselenggarakan PPPA Daarul Quran hingga Selasa (22/7).

Selama dua hari dua malam, para jamaah diajak untuk mengkhatamkan Alquran. Selain membaca Alquran, para jamaah juga diajak untuk bisa menghafalnya.

Tak hanya itu, para jamaah pun mendengarkan taushiyah yang disampaikan para imam dari Masjid Nabawi dengan tema mendekatkan diri dengan Alquran. Tanpa terasa, banyak jamaah yang meneteskan air mata. Begitu nikmatnya dekat dengan Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement