Rabu 18 Jun 2014 22:30 WIB

Sambut Ramadhan, PKPU Sebar Alquran Braille

Seorang gadis tuna netra tengah membaca Alquran Braille.
Foto: jalancahaya.org
Seorang gadis tuna netra tengah membaca Alquran Braille.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga kemanusian Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) akan membagikan secara gratis Alquran Braille kepada tunanetra di seluruh Indonesia sebelum Ramadhan 2014.

"Program ini terinspirasi dari terabaikannya para penyandang tunanetra dalam beribadah yang mana mereka tidak memiliki kesempatan khatam Alquran pada bulan suci Ramadhan," kata General Manager Nasional PKPU Romdlon Hidayat di Jakarta, Rabu (18/6).

Ia mengatakan, Alquran Braille dicetak sebanyak lima ribu eksemplar dengan total biaya sebesar Rp 8,25 miliar. Alquran Braille tersebut akan didistribusikan melalui 44 cabang PKPU di seluruh Indonesia, kata Ketua Panitia Ramadhan PKPU tersebut.

"Lima ribu eksemplar Alquran Braille akan disebar ke seluruh Indonesia hingga awal Ramadhan sehingga Alquran sudah bisa langsung digunakan pada bulan puasa," ujarnya.

Dia melanjutkan, membaca Alquran Braille perlu dibimbing oleh pendamping khusus sehingga PKPU menyediakan pendamping guna memudahkan penyandang tunanetra memahami dan membaca Alquran Braille.

Ia menambahkan, dengan program sebar Alquran Braille ini diharapkan akan terbangun kesadaran masyarakat menyumbangkan sebagian rizkinya untuk membantu tunanetra dalam melaksanakan ibadah Ramadhan. "Masyarakat sudah banyak yang mau berpartisipasi dan membantu," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement