Selasa 17 Jun 2014 17:49 WIB

Segera Diedarkan Buku Tuntunan Shalat Dalam Tiga Bahasa

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agung Sasongko
Buku Islam
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Buku Islam

REPUBLIKA.CO.ID,  UNGARAN — Belajar shalat bagi kalangan siswa di Kabupaten Semarang bakal semakin mudah. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang dalam waktu dekat bakal menerbitkan buku tuntunan shalat dengan tiga bahasa.

 “Buku ini akan dibagikan di seluruh sekolah dibawah naungan Kemenag sebagai penunjang kurikulum 2013,” jelas Kasi Pendidikan Agama Islam, Kantor Kemenag Kabupaten Semarang, Taufiqurahman Sag, di Ungaran, Selasa (17/6).

Menurutnya, Buku Tuntunan Ibadah Sholat karya H Moch Zaidun Imam Murtadho ini akan diedarkan secara luas, baik di jenjang RA, MI, MTs dan MA di wilayah Kabupaten Semarang.Namun ia juga berharap buku ini dapat beredar di tengah- tengah masyarakat sebagai bacaan praktis sekaligus panduan tentang bacaan solat berikut artinya, dalam bahasa Arab, bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.

 

Untuk mendukung rencana ini, masih jelas Taufiqurahman, pihaknya tela menggelar para guru dan pengawas sekolah dan kalangan ahli dihadirkan untuk membedah buku tersebut. Buku ini sangat bagus, untuk pelajaran siswa maupun pegangan guru dari tingkat Raudatul Alfal (RA) hingga tingkat Madrasah Aliyah (SMA/SMK).

 

“Sebab dalam buku ini lebih praktis mengajarkan bacaan solat dan mudah dipahami karena ada terjemahan bahasa Indonesia dan Jawa,” tambahnya.

 

Editor buku, Hamdan Aznawi menambahkan, dengan terjemahan bahasa Indonesia dan Jawa, maka bacaan shalat akan lebih mudah dipahami. Sehingga dapat menciptakan kekhusyukan dalam sholat. Sebab yang membacanya lebih mengerti arti dari bacaan sholat. Selain itu dalam buku tersebut juga ada bacaan dzikir usai sholat.

 

“Adanya terjemahan bahasa itulah yang membedakan dengan buku-buku tuntunan shalat lainnya. Kelompok Kerja Pengawas Kemenag mengamini buku ini lebih praktis,” tambahnya.

 

Taufiqurahman menambahkan, buku tuntunan ini dibuat dalam rangka melengkapi kebutuhan referensi di sekolah yang berkaitan dengan makna bacaan solat. Sebab dibuku-buku pelajaran yang sudah ada tidak terintegrasi menjadi satu buku.

 

Sehingga dalam buku ini semua bacaan sholat, termasuk arti dan bacaan dzikir ada di dalam satu buku. Buku ini sangat relevan untuk dipakai di sekolah dalam rangka implementasi kurikulum 2013. Setelah direvisi, buku ini diharapkan bisa di launching tahun ini.

“Harapannya buku ini selain di Kabupaten Semarang juga bisa beredar di luar daerah,” lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement