Ahad 01 Jun 2014 18:51 WIB

Pusat Dakwah Alquran Bina Qolbu, Berwisata Bersama Alquran (1)

Anak-anak membaca alquran.  (ilustrasI)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Anak-anak membaca alquran. (ilustrasI)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ratna Ajeng Tejomukti

Metode talaqqi terbukti paling lengkap dalam mengajarkan bacaan Alquran yang benar dan paling mudah diterima semua kalangan.

Melalui Alquran, Allah SWT mengangkat martabat atau kedudukan suatu kaum. Melalui Alquran pula Allah SWT merendahkan kaum yang lain. Allah SWT juga menjanjikan jika Alquran akan dimudahkan bagi orang-orang yang mempelajarinya.

Di tengah kesibukan dan hiruk pikuk aktivitas, belajar Alquran juga bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan nyaman. Seperti yang dilakukan Pusat Dakwah Alquran Bina Qalbu (PDA BQ) di Cisarua , Bogor, Jawa Barat.

Dengan tawaran program wisata talaqqi Alquran dan tahfiz Alquran dengan asrama berbentuk vila di tempat sejuk dan kondusif, PDA BQ ingin membentuk kader Alquran yang baru.

Pengasuh PDA BQ Ustaz Ir Muhammad Furqan al-Faruqiy mengatakan pusat dakwah ini merupakan suatu wadah pembinaan bagi umat Islam baik pelajar, mahasiswa, maupun pekerja untuk lebih berinteraksi dan memperoleh manfaat dari Alquran.

Ide utama pendirian pusat dakwah ini tidak lain diprakarsai Ustaz Furqan bersama alumni Masjid Salman ITB. Program perdana dibuka 30 November 2013.

“Banyak metode dalam mempelajari dan memahami Alquran, tetapi kami memilih metode wisata talaqqi dan tahfiz Alquran,” ujar Ustaz Furqan.

Tujuan dibentuknya pusat dakwah ini sebagai upaya penyebarluasan semangat, berbagi ilmu, metode dan cara belajar serta memahami Alquran ke berbagai pihak.

Ustaz Furqan juga berharap dengan adanya PDA BQ mampu melahirkan kader dai Alquran dan pemimpin muda yang memiliki pemahaman menyeluruh bersumber dari Alquran maupun sunah Rasulullah SAW.

Kader dai ini juga sebisa mungkin memiliki jiwa kepemimpinan yang didukung keahlian dan kemampuan teknis sehingga dapat berdakwah secara profesional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement