Kamis 15 May 2014 09:31 WIB

Kromoterapi Warisan Kedokteran Islam (3)

Proses kromoterapi (ilustrasi).
Foto: Aylinyabanoglu1.blogcu.com
Proses kromoterapi (ilustrasi).

Oleh: Desy Susilawati

Ibnu Sina juga melakukan klasifikasi warna dan fungsi-fungsinya dalam proses penyembuhan si sakit.

Ia mengemukakan, warna merah memindahkan darah, biru atau putih mendinginkan, dan kuning mengurangi rasa sakit pada otot dan radang mata.

Ibnu Sina adalah orang pertama yang membuktikan bahwa warna yang salah yang digunakan untuk terapi dapat menyebabkan tidak adanya respons dalam penyakit yang spesifik.

“Warna yang salah selama proses terapi tidak akan mendapat respons dari penyakit tertentu,” ujar Sina dalam Al-Qanun fi At-Thibb.

Diceritakan oleh Samina T Yousuf Azeemi dan S Mohsin Raza dalam A Critical Analysis of Chromotherapy and Its Scientific Evolution, Ibnu Sina suatu saat mengamati orang yang mimisan/hidung berdarah.

Menurutnya, orang yang mimisan seharusnya tidak melihat warna merah yang mencolok dan tidak boleh terkena sorot lampu merah. Warna merah akan mendorong cairan sanguin (sanguineous humor).

Orang mimisan, menurut Ibnu Sina, harus melihat warna biru. Berbeda dengan warna merah, warna biru akan meringan kan dan mengurangi aliran darah.

Mengenal chakra

Di dalam tradisi India dikenal yang namanya chakra, yakni titik atau simpul energi dalam tubuh manusia. Menurut tradisi chakra, kesehatan adalah kesatuan menjaga keseimbangan fisik dan emosi.

“Di India, sekelompok ahli pengobatan Ayurvedic menjelaskan, warna yang terkait dengan tujuh chakra utama, yang menurut sistem mereka merupakan pusat rohani di tubuh, terletak di sepanjang tulang belakang, jelas Dorothy Parker, dalam karyanya Color Decoder.

Terdapat tujuh chakra dan masing-masing terkait dengan organ tertentu dalam tubuh. Tiap chakra memiliki warna dominan, tetapi ini dapat menjadi warna yang tidak seimbang. Jika hal ini terjadi dapat menyebabkan penyakit dan percabangan fisik lainnya, kata Dorothy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement