Rabu 07 May 2014 20:01 WIB

Mendorong Haji Berkualitas (3-habis)

Jamaah calon haji bergerak dari Madinah menuju Makkah.
Foto: Republika/Natalia Endah Hapsari
Jamaah calon haji bergerak dari Madinah menuju Makkah.

Oleh: Mohammad Akbar

 

Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan penyelenggaraan haji 2013 telah berjalan baik. Dia berjanji akan terus berusaha meningkatkan pelayanan, termasuk dalam pembinaan manasik haji.

Dia berharap dengan adanya pembinaan ini seluruh jamaah haji Indonesia dapat memperoleh haji mabrur. “Peningkatan kualitas terus kita upayakan, termasuk kemabruran jamaah,” ujarnya, seperti dilansir dari laman Kementerian Agama.

Secara terpisah, Direktur Pembinaan Haji Kementerian Agama Ahmad Kartono menilai, hingga saat ini memang masih perlu ada perbaikan dalam pelaksanaan program manasik haji.

Berdasarkan jadwal, program bimbingan manasik akan dilakukan sebanyak tujuh kali di tingkat kecamatan dan tiga kali di tingkat kabupaten. “Untuk bimbingan di tingkat kabupaten kota, akan dilakukan secara massal.”

Dalam tiga kali pertemuan di tingkat kabupaten, Kartono mengatakan, para calon jamaah akan diberikan pengetahuan yang sifatnya umum. Pada pertemuan pertama akan disampaikan pengetahuan mengenai kebijakan perhajian, baik yang ada di dalam negeri maupun di Arab Saudi.

Pada pertemuan kedua, akan disampaikan mengenai praktik massal manasik haji. Sedangkan, pada pertemuan ketiga di tingkat kabupaten akan dibentuk ketua regu rombongan dan jadwal pemberangkatan kloter jamaah.

“Sementara, untuk di tingkat kecamatan, akan disampaikan proses perjalanan ibadah haji, materi manasik secara detail, masalah kesehatan, dan hak-hak jamaah. Kita berharap hal ini akan membuat jamaah menjadi lebih paham dan mengerti saat mereka beribadah di Tanah Suci,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement