Ahad 04 May 2014 18:50 WIB

Menjadikan Masjid Sebagai Tempat yang Asyik Bagi Remaja (1)

Rep: c78/ Red: Damanhuri Zuhri
Masjid Al Azhar
Foto: Republika/Bambang Banguntopo
Masjid Al Azhar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nongkrong seakan menjadi budaya di kalangan remaja. Budaya nongkrong di kalangan remaja identik dengan hura-hura.

Remaja Islam Sunda Kelapa (Riska) berupaya untuk menarik para remaja agar nongkrong di masjid dengan beragam aktivitas positif.

Riska menjadikan Masjid Agung Sunda Kelapa yang berada di Jalan Taman Sunda Kelapa No 16, Menteng, Jakarta Pusat, sebagai tempat nongkrong yang asyik bagi para remaja.

''Kami menawarkan masjid sebagai tempat yang asyik untuk jadi tempat nongkrong-nya remaja,'' ungkap Divisi Hubungan Masyarakat RISKA Hafiza Elvira Nofitariani.

Dengan nongkrong di masjid, remaja akan terhindar dari kebiasaan hura-hura. Di masjid, para remaja memeroleh banyak keuntungan; teman baru, lingkungan sehat, serta memperoleh ilmu keislaman dan pembelajaran seputar akhlak.

Nongkrong bersama RISKA kaya akan aktivitas positif. Remaja masjid itu menyelenggarakan Pengajian Akhir Pekan RISKA (PARIS) dan Muslim Youth Night (MYNight).

PARIS, kata Vira, merupakan kegiatan kajian reguler setiap Jumat, dimulai sehabis Maghrib hingga pukul 21.00.

Kajian ini berfokus pada peningkatan aspek intelektual dan pemahaman Islam bagi pemuda. Pembicara yang dihadirkan kebanyakan tokoh intelektual, penulis buku, juga ustaz.

Sedangkan, MYNight adalah kegiatan reguler setiap akhir bulan yang mengusung tema acara yang lebih populer dan sarat inspirasi.

Untuk menarik perhatian remaja, tokoh terkenal, semisal, artis, ustaz yang kerap hadir di televisi, serta hiburan dari vocal class disuguhkan untuk peserta.

Acara yang unik dan pembicara yang terkenal kerap jadi alasan remaja untuk berpartisipasi dalam acara RISKA, tuturnya.

Selain PARIS dan MYnight, RISKA juga memiliki kegiatan perkuliahan khusus bagi yang mendaftar menjadi anggota.

Perkuliahan yang bertajuk Studi Dasar Terpadu Nilai Islam (SDTNI) dan Studi Dasar Islam Siswa (SDIS) dilaksanakan setiap Ahad.

Youth Islamic Study Club (YISC) Al Azhar juga menawarkan Masjid sebagai pilihan terbaik bagi para remaja. Masjid juga bisa jadi tempat gaul anak muda yang asyik sembari memperdalam pengetahuan agama dan akhlak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement