Rabu 16 Apr 2014 18:28 WIB

Siswi SMA Heran Ada Nama Jokowi di Soal UN

Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris
Foto: twitter
Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Safnah (17 tahun), salah seorang siswi kelas XII peserta ujian nasional (UN) dari SMA Al-Wasatiyah, Kota Tangerang tidak terlalu memperdulikan keberadaan nama Jokowi di dalam soal ujian. Dia lebih fokus untuk menyelesaikan keseluruhan soal ujian.

Kendati demikian, dia mengatakan, sempat merasa aneh mengenai keberadaan nama mantan wali kota Solo tersebut. "Aneh aja, kenapa enggak pahlawan Indonesia aja," ungkap Safnah kepada wartawan, Rabu (16/4).

Dia menjelaskan, dalam soal 40 dan 41 siswa diharuskan mencari jawabannya dari cerita mengenai cerita yang memuat nama Jokowi di dalam cerita yang ditulis sebelum kedua soal tersebut. Beredarnya nama politikus dalam soal ujian  juga disayangkan Ketua Panwaslu Kota Tangerang yang juga merupakan salah seorang pengajar SMK II Kota Tangerang, Takhono.

Dia mengatakan, seharusnya ujian nasional tidak melibatkan unsur politis. Sebagai pengajar, dia mengajarkan adanya kesan politis di dalam ujian. Sebab kata dia, kelas XII merupakan pemilih pemula yang tidak banyak mengetahui tokoh politik yang akan bertarung dalam pentas poltik.

“Pemilih pemula sangat potensial, di Tangerang saja, belasan ribu jumlahnya,” ujar Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Taknono kepada RoL beberapa waktu lalu. Sebagai pengajar, dia mengharapkan, ujian sebagai ajang untuk menguji kemampuan siswa tanpa disusupi oleh unsur politis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement