Senin 14 Apr 2014 05:09 WIB

Perlu Modernisasi Pendidikan Berasrama (2-habis)

suasana belajar di Madrasah Diniyah (Ilustrasi).
Foto: dangdutpantura.com
suasana belajar di Madrasah Diniyah (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Amri Amrullah

Kebutuhan keilmuan harus diperbarui sesuai perkembangan zaman.

Hal itu pula yang ia terapkan di Ma'had Aly Darul Arqam As Syafiiyah. "Di sini telah diterapkan kuliah keagamaan berasrama model pesantren untuk mahasiswa serta penguatan kemampuan bahasa asing yang mumpuni,'' terang Tuty.

Sebelumnya, Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag Nur Kholis mengungkapkan, pihaknya berencana menerapkan kurikulum berbasis asrama di madrasah. Dalam penerapannya, kurikulum ini akan terintegrasi dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Kurikulum 2013. 

Saat ini, pihaknya sedang mempromosikan kurikulum berbasis asrama ini menjadi program khusus pada madrasah di beberapa wilayah.

Program khusus ini, kata dia, sama halnya dengan yang sudah diterapkan di beberapa madrasah, seperti MAN Insan Cendekia, Serpong,  Tangerang, yang memiliki kekhususan dalam sains dan beberapa madrasah yang memiliki kekhususan lain, seperti bahasa dan ilmu sosial.

Dalam pandangan Nur Kholis, menerapkan kurikulum berbasis asrama ini merupakan hal yang penting. Sebab, konsep pembelajaran dalam kurikulum ini memberikan pengajaran yang mendalam dan komprehensif. 

Hal ini berbeda dengan sekolah yang hanya memberikan pengajaran di kelas. Kurikulum berbasis asrama merupakan pengembangan kelanjutan dari konsep madrasah yang menerapkan pendidikan terpadu.

Dengan adanya madrasah berkurikulum asrama, ia yakin, internalisasi nilai moralitas dan kepribadian siswa akan semakin kuat. ''Dan, ini sangat sejalan dengan upaya Kemenag yang ingin meningkatkan kualitas intelektual dan spiritual siswa madrasah.''

Nur Kholis mengungkapkan, madrasah berkurikulum asrama sebenarnya telah diterapkan di beberapa wilayah, terutama dari lingkungan pondok pesantren.

Pada saat yang sama, ada beberapa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang juga telah menerapkannya. Misalnya, MAN 1 Surakarta dan sejumlah madrasah yang berada di lingkungan yayasan pondok pesantren.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement