Sabtu 15 Mar 2014 09:10 WIB

Demi Bidadari Surga (1)

Ilustrasi
Foto: Vtj.ca
Ilustrasi

Oleh: Rosita Budi Suryaningsih

Saat menghadapi lawan kesepuluh, sang pemuda syahid.

Dalam setiap peperangan atas nama Allah, banyak umat Muslim yang gugur. Setiap mujahid yang yakin dengan Allah dalam perang dijanjikan surga dengan penuh kenikmatannya.

Dalam kitab al-Wa'adh wa ar-Raqaiq dari Abdul wahid bin zaid, kisah ini dijelaskan. Saat itu, pasukan Abdul Wahid sedang bersiap untuk berperang melawan musuh. Kisah ini terjadi pada zaman keemasan Islam sekitar zaman dinasti bani Umayyah atau bani Abbasiyah.

Saat itu, beberapa sahabatnya segera bersiap dan membacakan beberapa ayat Alquran, yaitu surat at-Taubah ayat 111. Waktu itu Abdul Wahid melihat seorang pemuda belia yang usianya sekitar 15 tahun. Ayah pemuda tersebut telah meninggal dan mewariskan harta yang banyak padanya.

Pemuda itu bertanya pada Abdul Wahid. "Benarkah Allah akan membayar jiwa dan harta orang-orang mukmin dengan surga?" tanya sang pemuda. Ia pun membenarkannya.

Sang pemuda pun kemudian menyatakan dirinya sanggup menyerahkan jiwa dan hartanya demi surga, dengan maksud ingin ikut jihad berperang.

Abdul Wahid pun berkata, "Wahai saudaraku, sesungguhnya tebasan pedang itu sangat dahsyat, sedangkan engkau masih sangat belia. Aku khawatir engkau tidak mampu bersabar dan akhirnya lemah ketika menghadapi ujian itu."

Sang pemuda tetap memantapkan hatinya untuk berjihad di jalan Allah. "Wahai Abdul Wahid, sesungguhnya aku telah menjual jiwaku kepada Allah dengan imbalan surga. Dan, aku sangat bergembira bahwa aku telah bersumpah kepada Allah dengan sungguh-sungguh untuk menyerahkan diriku kepada-Nya," katanya menegaskan.

Mendengar perkataan pemuda tersebut, Abdul Wahid merasa jiwanya berubah menjadi kerdil dan lalai. Ia membayangkan anak laki-laki semuda itu mampu berpikir dengan indahnya.

Kemudian, pemuda itu segera mengambil seluruh harta yang dia miliki dan dia infakkan semuanya, kecuali seekor kuda dan persenjataan yang dia miliki. Ketika datang waktu keluar untuk berjihad, pemuda itulah orang yang pertama kali maju untuk berjihad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement