Rabu 05 Mar 2014 20:24 WIB

BPS Haji Diimbau Bantu Madrasah Terkena Bencana

Rep: Amri Amrullah/ Red: Chairul Akhmad
Setoran dana haji (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan
Setoran dana haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI – Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau kepada Bank Penerima Setoran (BPS) Haji soal komitmennya membantu madrasah dan pondok pesantren yang rusak terkena bencana.

Imbauan ini disampaikan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali ketika memberikan bantuan kepada 115 madrasah dan pondok pesantren yang rusak akibat erupsi gunung Kelud.

Suryadharma mengatakan, imbauan kepada BPS Haji ini adalah komitmen bank penerima setoran yang telah menerima dana haji yang jumlahnya begitu besar dari jamaah haji.

" Besarnya kerusakan yang ditimbulkan akibat bencana tersebut membutuhkan dana yang cukup besar. Dan ini tidak mungkin bila hanya ditanggung oleh Kemenag semata," kata Menag, saat Penyerahan Bantuan 'Peduli Gunung Kelud', Rabu (5/3).

Ia mengungkapkan, saat ini Kemenag baru bisa mengalokasikan sebagian bantuan bagi madrasah dan pesantren yang terkena bencana, termasuk kebutuhan rehabilitasi madrasah dan pesantren karena erupsi gunung Kelud pertengahan Februari lalu.

Bantuan ini, terang Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan ini adalah bentuk keprihatinan pemerintah atas bencana erupsi gunung Kelud. Namun, bantuan ini masih jauh dari kebutuhan perbaikan yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement