Sabtu 22 Feb 2014 06:15 WIB

Ketakutan Militansi Suriah Memperluas Pengaruh Pangeran Saudi

Konflik di Suriah
Foto: Youtube
Konflik di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Menteri Dalam Negeri Saudi Mohammed bin Nayef, mungkin pangeran muda yang paling kuat dalam keluarga penguasa al-Saud, telah membentuk penekanan baru Riyadh untuk melindungi kerajaan dari gelombang baru militansi Islam yang terinspirasi oleh perang di Suriah.

Pangeran Mohammed nampaknya menjadi tokoh sentral di negara pengekspor minyak terbesar dunia selama beberapa dekade yang akan datang. Banyak warga Saudi mengatakan bahwa dia merupakan kandidat kuat untuk menjadi raja suatu hari.

"Dia sekarang bermain tidak hanya peran dari Menteri Dalam Negeri, tetapi juga bahwa seorang diplomat senior dan penasihat raja," kata Robert Jordan, duta besar AS untuk Riyadh 2001-2003 seperti dikutip dari Reuters, Jumat (21/2). "Dia mungkin seseorang ditakdirkan untuk tanggung jawab yang lebih besar di Arab Saudi pada waktunya," katanya.

Dalam beberapa pekan terakhir pengaruh Pangeran Mohammed telah menjadi lebih jelas dalam kebijakan Saudi di Suriah, di mana penguasa kerajaan takut dukungan mereka terhadap pemberontak memerangi Presiden Bashar al-Assad mungkin secara tidak sengaja merevitalisasi radikalisme di rumah.

Para pejabat di Riyadh telah melihat peningkatan baik dalam jihadis Saudi berangkat ke Suriah dan obrolan secara online mendukung militansi Islam. Bulan ini Raja Abdullah menetapkan hukuman penjara 3-20 tahun di Saudi yang pergi ke luar negeri untuk melawan.

Tujuan Arab Saudi menjatuhkan Assad, sekutu saingan regional Iran, tidak berubah, tetapi memfokuskan kembali dalam melawan militansi, dan sedang berusaha untuk meredakan perbedaan di Suriah dengan Washington. Jadi Pangeran Mohammed, yang telah membangun kepercayaan dengan para pejabat keamanan AS lebih dari satu dekade kerja sama terhadap al Qaeda di Arab Saudi dan Yaman, memainkan peran yang lebih besar.

"Dia memiliki banyak kredibilitas," kata seorang sumber diplomatik di Teluk. "Fakta bahwa ia pergi ke Washington sekarang mengatakan terorisme merupakan keprihatinan bersama adalah pesan pintar."

Rencana kunjungan Presiden Barack Obama ke Riyadh ditujukan untuk merapikan tiga tahun ketegangan antara kedua sekutu bersejarah atas kebijakan Suriah, Iran, dan Mesir. Arab Saudi masih berharap untuk meyakinkan Amerika Serikat untuk mengadopsi pendekatan yang lebih berotot di Suriah yang akan melawan kedua Assad dan kelompok pemberontak yang paling dekat dengan al Qaeda.

Sebagai orang di belakang upaya Saudi untuk menghancurkan pemberontakan al Qaeda dekade terakhir yang dilancarkan oleh para veteran perang di Afghanistan dan Irak, Pangeran Mohammed sangat menyadari bahaya yang ditimbulkan oleh militan Saudi yang telah berjuang di luar negeri.

Kampanye itu begitu sukses bahwa Al-Qaidah di Semenanjung Arab mengirim seorang pembunuh untuk membunuh sang pangeran pada tahun 2009, menyamar sebagai calon pembelot sebelum meledakkan bom yang disembunyikan di pakaiannya.

Pangeran Mohammed sempit selamat dari serangan itu dan diberi nama menteri dalam negeri pada bulan November 2012, mewarisi peran yang dipegang oleh ayah garis keras itu, almarhum Putra Mahkota Nayef, selama 37 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement