Selasa 27 Aug 2013 11:47 WIB

Indonesia Kalahkan Malaysia dan Turki Soal Haji

 Ratusan ribu jamaah haji menunaikan ibadah shalat berjamaah di luar masjid Namira di Arafah dekat kota suci Mekkah,Kamis (25/10).   (AP Photo / Hassan Ammar)
Ratusan ribu jamaah haji menunaikan ibadah shalat berjamaah di luar masjid Namira di Arafah dekat kota suci Mekkah,Kamis (25/10). (AP Photo / Hassan Ammar)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Yeyen Rostiyani

JAKARTA -- Indonesia ternyata di atas angin dibanding Malaysia dan Turki. Terbukti, Indonesia meraih medali emas untuk kategori penyelenggara haji terbaik di dunia versi World Hajj and Ummra Convention yang berpusat di London, Inggris.

"Pemilihan ini dilakukan berdasarkan voting yang melibatkan 5.000 pihak yang terdiri dari manajemen hotel, media, dan pihak-pihak lain yang terkait," kata Hussain Tutla dari World Hajj and Umrah Convention, saat penyerahan award pada Selasa (27/8).

"Hasillnya, mereka memastikan bahwa Indonesia yang terbaik," katanya sambil menambahkan bahwa medali perak diraih Malaysia dan medali perunggu diberikan kepada Turki.

Tutla menuturkan pengalamannya tahun lalu ketika mengunjungi embarkasi Bekasi, Surabaya, dan Lombok. Ketika di Surabaya, ia melihat para calon haji tertawa saat proses pembekalan haji. Rupanya, saat itu pembimbing haji sedang menuturkan pengalaman lucu saat berhaji.

"Itu menunjukkan bagaimana upaya panitia membuat mereka merasa nyaman, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali bepergian ke luar negeri," puji Tutla.

Menurut Tutla, penyelenggaraan haji Indonesia memang layak dipuji dan menjadi inspirasi bagi negara lain. Tak heran jika Nigeria, katanya, berniat untuk berkunjung dan mempelajari manajemen haji Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement