Jumat 14 Jun 2013 16:44 WIB

Keberangkatan 383 Cahaj DIY Ditunda Tahun Depan

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad
Calon jamaah haji (calhaj) sedang mengikuti bimbingan manasik haji (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Calon jamaah haji (calhaj) sedang mengikuti bimbingan manasik haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 383 calon jamaah haji DIY tahun 2013 masuk dalam 'lunas tunda.' Maksudnya, meskipun mereka sudah melunasi biaya pemberangkatan ibadah haji dan dijadwalkan berangkat  pada tahun ini, namun dengan adanya pengurangan kuota bagi calon jamaah haji dari Indonesia sebesar 20 persen, keberangkatan mereka tertunda. Mereka dijadwalkan berangkat tahun depan.

Hal itu dikemukakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Maskul Haji, Jum'at (14/6). Menurut Maskul, pada tahun 2013 ini semua negara ada pengurangan kuota haji  karena ada pembangunan thowaf lantai satu sampai tiga. Pengurangan kuota ini termasuk juga untuk calon jamaah haji plus dan umroh.

Saat ini kuota untuk calon jamaah haji DIY sebanyak 3.068 orang, sehingga kalau dikurangi 20 persen tinggal 2.455 orang. "Para calon jamaah haji yang tahun ini tertunda keberangkatannya, diprioritaskan bisa berangkat tahun depan (red. 2014)," katanya menegaskan.

Para calon jamaah haji  yaang tahun ini tertunda keberangkatannya adalah mulai nomor 12.000.28.695 sampai nomor 12.000.29.124. "Bagi yang ingin mengetahui nama-namanya bisa melihat di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY atau di web Kementerian Agama DIY," kata Maskul.

Saat ini, dia menambahkan, daftar tunggu calon jamaah haji DIY sudah 13 tahun. "Jadi yang mendaftar sekarang berangkatnya sekitar tahun 2026," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement