Kamis 23 May 2013 20:48 WIB

Dari Masalah Mencontek, Pelajar Muslim Chicago Promosikan Islam

Rep: Agung Sasongko/ Red: Djibril Muhammad
Mahasiswa Muslim AS
Foto: Onislam.net
Mahasiswa Muslim AS

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Pemberitaan negatif selepas tragedi bom boston mendorong pelajar Muslim Chicago untuk mempromosikan ajaran Islam. Caranya pun sederhana, mereka gelar pertemuan mingguan.

Dalam pertemuan itu, banyak topik yang dibahas. Seperti misal, kajian Alquran, diskusi soal kencan, mencontek, jihad dan jilbab.

"Kami merasa di dalam sekolah terlalu banyak orang memiliki tanggapan negatif tentang Islam dan Muslim. Kami ingin mengubah itu," kata Naimeh Issa, pelajar SMA Sandburg, seperti dikutip The Chicago Tribune, Kamis (23/5).

Issa mengaku banyak mendengar laporan dari pelajar-pelajar Muslim yang mengalami diskriminasi karena budaya dan agama mereka. Padahal, pelajar Muslim AS memiliki rasa cinta yang sama terhadap Amerika.

"Kami tidak ingin, warga AS menganggap kami ini orang asing. Sebaliknya, kami sama dengan mereka," kata dia.

Tak hanya sekedar mempromosikan ajaran Islam, pelajar AS juga menggalang dana guna memberikan bantuan kepada saudara-saudara seiman di seluruh dunia. Terakhir, mereka memberikan bantuan untuk korban gempa Turki dan pembangunan masjid di Ghana.

Pemerhati anak, Shawn Donovan memuji langkah yang dilakukan pelajar Muslim. "Mereka ini mencoba untuk mengajarkan orang tentang agama mereka, dimana banyak kesalahpahaman soal itu. Saya kira ini menganggumkan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement