Sabtu 11 May 2013 00:43 WIB

Tentukan 1 Ramadhan, Muslim Prancis Tak Lagi Merujuk Arab Saudi

Rep: Agung Sasongko/ Red: Hazliansyah
Muslim Prancis
Muslim Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Muslim Prancis sepakat untuk mengakhiri perhitungan tradisional terkait penentuan 1 Ramadhan. Gantinya, mereka memilih ilmu astronomi.

Menghasilkan putusan ini bukan perkara yang mudah. Perbedaan pendapat mengiringi pembahasan masalah tersebut. Pada akhirnya Dewan Muslim Prancis (CFCM) selaku induk organisasi Muslim Prancis memutuskan untuk menggunakan pemungutan suara.

Pada putusan akhir, mereka menyepakati untuk memulai penggunaan perhitungan astronomi guna menentukan hari pertama puasa. 

"Sekarang, semuanya terlihat lebih mudah," kata Presiden CFCM, Mohammad Moussaoui, yang juga mengumumkan hari pertama Ramadhan jatuh pada tanggal 9 Juli, seperti dikutip Onislam.net, Jumat (10/5).

Keputusan Muslim Prancis ini menyusul langkah serupa yang dilakukan oleh Jerman dan Bosnia. Sebelumnya, kebanyakan negara-negara Eropa menentukan 1 Ramadhan dengan mengikuti Arab Saudi.

"Ini merupakan peristiwa bersejarah. Sekarang, kami bisa berpuasa di waktu yang sama," kata pemimpin komunitas Muslim Lyon, Azzedine Gaci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement