Kamis 10 Jan 2013 11:25 WIB

Habib Idrus bin Salim Aljufri, Penyebar Islam di Indonesia Timur (4-habis)

Rep: Mohammad Akbar/ Red: Chairul Akhmad
Habib Idrus bin Salim Aljufri.
Foto: blogspot.com
Habib Idrus bin Salim Aljufri.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain gelar pahlawan, nama Habib Idrus juga diusulkan untuk menjadi nama bandara di Sulawesi Tengah, yang sebelumnya bernama Mutiara.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali, mengusulkan penganugerahan gelar pahlawan kepada Habib Idrus yang berjasa menyebarkan Islam di wilayah Sulawesi Tengah, juga Indonesia Timur.

Habib Idrus berjasa pula mendirikan lembaga pendidikan Islam Alkhairaat.

“Apa yang dia lakukan sangat berpengaruh bagi perkembangan umat dan kemajuan pendidikan. Jadi, beliau sangat pantas disebut pahlawan,” kata Menag.

Selain gelar pahlawan, nama Habib Idrus juga diusulkan untuk menjadi nama bandara di Sulawesi Tengah, yang sebelumnya bernama Mutiara. Usulan tersebut kembali ditegaskan oleh Walikota Palu, Rusdy Mastura, pada peringatan haul ke-44 Guru Tua di Palu.

“Saya sudah mengusulkannya kepada DPRD agar nama lapangan terbang (bandara) Mutiara ditambah menjadi Mutiara Sayyidi Idrus bin Salim Aljufri. Insya Allah bisa cepat terwujud,” katanya.

Anggota MPR RI, Shaleh Muhammad Aljufri, juga sudah menyampaikan usulan tersebut kepada pejabat setempat.

“Nama Mutiara itu untuk menghargai Presiden Soekarno sebagai pihak yang memberikan nama Bandara Mutiara. Bagi kami, Habib Idrus adalah mutiara yang memancarkan sinarnya untuk Sulawesi Tengah sehingga nama tersebut cukup tepat,” kata Shaleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement