Selasa 18 Dec 2012 19:25 WIB

Ashabus Sabt, Monyet Pelanggar Hari Sabtu (3)

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Chairul Akhmad
Ilustrasi
Foto: americanthinker.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Desa pesisir tersebut menjelma menjadi desa para monyet.

Memasuki desa, pria utusan tersebut tercengang dengan kondisi desa yang sunyi senyap layaknya wilayah tak berpenghuni.

Ia pun mengetuk pintu salah seorang warga, tak ada jawaban. Ia kemudian mengintip jendela rumah dan melihat penghuninya bukan manusia melainkan monyet-monyet.

Tak percaya dengan apa yang dilihat, pria itu pun menuju rumah lain. Dua, tiga, 10 rumah, namun hasilnya sama. Desa pesisir tersebut menjelma menjadi desa para monyet.

Kisah Ashabul Sabtu, atau kisah para pelanggar hari Sabtu tersebut pun dikisahkan dalam Alquran Surah al-A'raf ayat 163:

“Dan, tanyakanlah kepada Bani Israil tentang negeri yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu, di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar mereka) terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik.”

Kemudian azab kepada para penduduk Yahudi tersebut pun disebut dalam ayat berikutnya, yakni ayat 164 hingga 166.

“Dan (ingatlah) ketika segolongan di antara mereka berkata, 'Mengapa kamu menasihati kaum Yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazabkan mereka dengan azab yang amat berat?' Orang-orang (yang memberi nasihat) itu menjawab, '(Nasihat itu ialah) untuk melepaskan diri dari bersalah kepada Tuhan kamu dan supaya mereka bertakwa.'”

“Maka, ketika mereka melupakan (tidak menghiraukan) apa yang telah diperingatkan kepada mereka, Kami selamatkan orang-orang yang melarang daripada perbuatan jahat itu, dan Kami timpakan orang-orang yang zalim dengan azab siksa yang amat berat disebabkan mereka berlaku fasik (durhaka).”

“Maka setelah mereka berlaku sombong takbur (tidak mengindahkan) kepada apa yang telah dilarang mereka melakukannya, Kami katakan kepada mereka, 'Jadilah kamu kera yang hina.'”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement