Senin 17 Dec 2012 22:58 WIB

Islam Berkembang Pesat di Inggris (1)

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Chairul Akhmad
Islamic Center di London.
Foto: eastlondonlines.co.uk
Islamic Center di London.

REPUBLIKA.CO.ID, Islam datang sebagai rahmat bagi seluruh alam. Karena itu, sangat dipahami jika jumlah kaum Muslimin yang saat ini sekitar seperempat populasi Bumi, terus meningkat.

Peningkatan populasi Muslim itu, salah satunya terjadi di Inggris.

Berdasarkan hasil sensus penduduk yang dilansir pada Selasa (11/12), Islam menjadi agama yang paling cepat perkembangannya di Inggris dan Wales.

Dibanding agama lain, persentase peningkatan Muslim merupakan yang tertinggi. Sebaliknya, pemeluk agama mayoritas Inggris, Kristen, menurun tajam.

Peningkatan populasi Muslim di negara kerajaan tersebut mencapai 1,8 persen. Agama lain tak lebih dari 0,5 persen. Penganut Hindu meningkat sebesar 0,4 persen, Sikh 0,2 persen, Buddha 0,1 persen, dan agama lain 0,1 persen.

Sementara, agama mayoritas, Kristen, turun drastis hingga 12,4 persen. Penurunan jumlah umat Kristiani tersebut disinyalir merupakan dampak meningkatnya kelompok ateis sebanyak 10,3 persen.

Pada sensus sebelumnya, pada 2001, proporsi Muslim sebesar tiga persen dari total penduduk Inggris dan Wales yang mencapai 56,1 juta jiwa. Dengan peningkatan tersebut, jumlah kaum Muslimin hingga 2011 mencapai 4,8 persen atau 2,7 juta orang dari total jumlah penduduk.

Sementara, satu dekade sebelumnya, jumlah umat Islam masih sekitar 1,5 juta orang. Artinya, saat ini satu dari 20 orang di Inggris menganut agama Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement