Kamis 29 Nov 2012 17:55 WIB

Karakteristik Indahnya Ajaran Islam (2)

Rep: Hannan Putra/ Red: Chairul Akhmad
Ilustrasi
Foto: blogspot.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Jika alam semesta diperintah oleh banyak tuhan, dan seperti yang dikatakan oleh kaum penyembah berhala masing-masing tuhan mengepalai satu bagian tertentu dari alam, maka masing-masing bagian alam itu akan memiliki sistemnya sendiri.

Bila hal itu terjadi maka dengan sendirinya alam ini akan kacau. Tidak lagi saling mendukung dan menyempurnakan dan tidak lagi merupakan satu kesatuan yana serasi. Karenanya Islam mengajarkan bahwa Pencipta dan Pemelihara alam semesta ini hanya satu.

2. Bersifat universal. Di antara ciri ajaran Islam ialah bersifat universal, yaitu mencakup semua manusia di dunia, tidak dibatasi oleh lautan maupun batasan suatu negara.

Ini berdasarkan firman Allah SWT dalam Surah as-Saba' ayat 28, "Dan Kami tidak mengutus kamu melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

 

Dalam ayat lain dijelaskan,””Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al-Anbiya’: 107).

Oleh karena itu, pada periode Makkah, Nabi Muhammad SAW masih memfokuskan dakwahnya mengenai tauhid pada khususnya dan akidah pada umumnya. Ayat-ayat Alquran yang turun menyeru manusia dengan ungkapan "Ya ayyuhan Naas"(Hai sekalian manusia).

Misalnya dalam firman Allah SWT , "Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang- orang yang sebelummu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah: 21).

Dalam ayat lain Allah SWT berfirman, “Wahai manusia! Sesungguhnya telah datang Rasul (Muhammad) itu dengan (membawa) kebenaran dari Tuhanmu. Maka berimanlah kamu, itulah yang lebih baik bagimu.” (QS. An-Nisa’: 170).

Pada ayat-ayat tersebut Allah SWT menyeru semua manusia agar menyembah Allah SWT dan memercayai rasul-Nya, Muhammad SAW, yang membawa kebenaran Islam. Dalam seruan itu terkandung pengertian bahwa ajaran Islam itu bukan saja ditujukan kepada orang Arab saja, tetapi untuk semua umat manusia di mana pun berada, dan apa pun suku, warna kulit dan bangsanya.

sumber : Ensiklopedi Hukum Islam
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement