Senin 26 Nov 2012 22:59 WIB

Kontribusi Muhammadiyah di Ranah Global (1)

Rep: Fitria Andayani/ Red: Chairul Akhmad
Ilustrasi
Foto: blogspot.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Tak hanya berkiprah di dalam negeri, Muhammadiyah juga terus berbenah agar dapat berkontribusi lebih aktif dan lebih besar di tataran global.

Tak dapat dimungkiri, saat ini Muhammadiyah telah mampu memperlihatkan martabatnya di dunia Islam internasional.

Terkait hal ini, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafi'i Maarif, mengatakan belum ada sebuah gerakan Islam di muka bumi yang memiliki aset jaringan amal sedahsyat Muhammadiyah.

Suatu kali, dalam sebuah kunjungan ke New Delhi, India, ia berkesempatan bicara tentang Muhammadiyah di depan para intelektual Hindu.

''Mereka hanya terperangah mengikuti penjelasan yang saya berikan bahwa Muhammadiyah sebagai gerakan pencerahan telah berbuat banyak untuk bangsa dan negara. Mereka malah meminta saya lebih lama tinggal di India untuk bercerita tentang Muhammadiyah,'' tutur Syafi’i.

Dalam membantu menciptakan perdamaian dunia, Muhammadiyah telah melakukan sejumlah hal. Misalnya, berkaitan dengan kondisi umat Islam di Thailand Selatan, PP Muhammadiyah memberikan beasiswa bagi  44 calon mahasiswa dari Pattani, Thailand Selatan.

"Kami bersyukur program beasiswa yang telah memasuki tahun keempat ini berjalan baik dan diminati generasi muda Thailand Selatan. Ini menunjukkan Muhammadiyah sudah dikenal luas oleh masyarakat Muslim Thailand Selatan,'' ungkap Ketua Majelis Pendidikan Tinggi  PP Muhammadiyah, Chairil Anwar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement