Kamis 01 Nov 2012 17:16 WIB

Mereka yang Hafal Alquran (2)

Rep: Damanhuri Zuhri/ Red: Chairul Akhmad
Dr Muchlis Hanafi.
Foto: Republika/Damanhuri Zuhri
Dr Muchlis Hanafi.

Dr Muchlis Hanafi

Dewan Pakar Pusat Studi Alquran

 

Banyak manfaat yang dirasakan dengan menghafal Alquran. Dr Muchlis Hanafi mengaku manfaat pertama yang didapatnya dengan menghafal Alquran adalah bisa membantu melatih kekuatan berbahasa Arab.

''Jadi, dari sisi fashahah (kefasihan), itu sangat membantu sekali. Ketika kita sudah menghafal Alquran, belajar bahasa Arab itu tinggal selangkah lagi,'' ungkapnya.

 

Manfaat kedua, sambung pakar tafsir dari Universitas Al-Azhar Mesir ini, hafalan Alquran yang dimilikinya sangat membantu program belajar di Al-Azhar, karena hafalan Alquran menjadi mata kuliah wajib. ''Banyak teman cukup keberatan di situ. Bagi saya sudah tidak ada masalah lagi.''

Manfaat ketiga, kata dia, karena bidang studi yang ia tekuni masalah tafsir dan itu sangat terkait dengan Alquran, maka sangat membantu sekali ketika dia mendalami tafsir.

Hal lainnya, tutur Muchlis, pastinya hafalan yang dikuasai sangat membantu sekali dalam mengendalikan ketenangan batin atau hati. ''Termasuk kita lebih percaya diri dengan hafalan yang kuat,'' ungkapnya.

Terutama ketika mendalami ilmu-ilmu keislaman yang berbasis Alquran. Karena hampir seluruh ilmu keislaman itu sebenarnya lahir untuk mengabdi kepada Alquran.

 

Dalam menghafal Alquran, ia tidak memasang target. Rata-rata sehari hanya satu lembar atau dua halaman. ''Paling banyak saya tiga halaman. Jadi, untuk hafalan baru saya menargetkan tidak lebih dari satu lembar tetapi kalau mau bagus tidak terlalu banyak-banyak. Yang penting kualitasnya,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement