Jumat 19 Oct 2012 21:36 WIB

Bachtiar Nasir (3): Islam akan Berkembang di Bali

Rep: Fitria Andayani/ Red: Chairul Akhmad
Ustadz Bachtiar Nasir.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ustadz Bachtiar Nasir.

Bantuan apa yang bisa diberikan untuk pengembangan Islam di Bali?

Saya dan teman-teman membuka diri hampir setiap bulan untuk mengunjungi Bali. Ini dilakukan agar ada penyegaran dakwah dari sisi konten.

Selain itu, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mempererat komunikasi antarumat Islam di Bali sehingga mereka bisa menjadi komunitas yang kuat. Kini sudah banyak kelompok Islam di daerah itu, tapi masih terpisah-pisah.

Jadi, kita perlu merajutnya. Selain itu, diperlukan pembinaan kepada guru-guru agama. Masjid pun membutuhkan dai-dai. Mereka juga membutuhkan banyak Alquran meskipun kenyataannya mereka tidak miskin.

Bagaimana perkembangan Islam ke depan?

Saya yakin Islam akan semakin berkembang di Bali. Kelihatan sekali semangat Muslim di Bali untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuannya tentang Islam sangat tinggi. Tingkat keimanan Muslim di Bali pun sebenarnya lebih baik daripada kebanyakan Muslim di luar Bali.

Hal ini disebabkan oleh banyak tantangan keislaman yang harus mereka hadapi, sehingga mereka betul-betul berusaha menjaga keislaman mereka. Ini membuat cara berpikir Muslim di Bali sangat berbeda.

Mereka misalnya harus benar-benar tahu sebuah restoran menyediakan makanan halal atau tidak. Tidak seperti Muslim di Jawa misalnya, yang tidak akan pikir panjang untuk makan di restoran mana pun karena umumnya restoran di Jawa halal.

Selain itu, sebagai kelompok minoritas, mereka harus mencari cara-cara yang cerdas dalam mendapatkan pengetahuan tentang Islam melalui pengajian persaudaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement