Senin 08 Oct 2012 16:56 WIB

Inilah Batas Tanah Suci Makkah (2)

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani
Masjid Tan'im sebagai batas dari Tanah Suci, Makkah.
Foto: kemenag.go.id
Masjid Tan'im sebagai batas dari Tanah Suci, Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid Tan'im

Masjid Tan'im disebut juga dengan Masjid Sayyidah 'Aisyah RA, istri Rasulullah dan ibu kaum muslimin. Letaknya 7,5 km sebelah utara Masjidil Haram, di pinggir jalan antara Makkah dan Madinah, dan merupakan batas tanah suci yang paling dekat.

Masjid ini dibangun di tempat berihramnya Sayyidah 'Aisyah ketika hendak umrah pada rangkaian pelaksanaan Haji Wada', yaitu pada tahun 9 H.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Jabir RA, bahwa ketika Sayyidah Aisyah RA sedang haid, beliau mengerjakan seluruh rangkaian manasik hajinya. Hanya saja beliau belum melaksanakan thawaf di Ka'bah.

Jabir mengatakan, ketika telah suci, beliau (Sayyidah Aisyah) melapor kepada Rasulullah SAW hendak mengerjakan tawaf, "Ya Rasulullah, Engkau telah mengerjakan semua rangkaian umrah dan haji, sedangkan saya baru mengerjakan haji saja."

Mendengar itu Rasulullah lalu menyuruh Abdurrahman Bin Abu Bakar untuk mengantarnya ke Tan'im. Setelah itu, Sayyidah Aisyah kemudian mengerjakan umrah, yakni setelah mengerjakan haji pada bulan Dzulhijjah.

Bangunan masjid Tan'im diperbaharui lagi pada masa Kliddim al- Haramain al-Syarifain (Pelayan Dua Tanah Suci - Makkah dan Madinah), Raja Fahd ibn Abdul Aziz, dengan luas keseluruhannya (termasuk halaman parkir, dan lain sebagainya) mencapai 84.000 m2.

Pembangunan tersebut menghabiskan biaya kurang lebih 100 juta Real Saudi. Sedangkan luas masjid Tan'im hanya 6000 m yang dapat menampung sekitar 15 ribu jemaah.

sumber : Sejarah Mekah, Dr Muhammad Ilyas Abdul Ghani
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement