Kamis 04 Oct 2012 19:23 WIB

Istimewanya Hajar Aswad, Berikan Kesaksian Umat Islam

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani
Batu Hajar Aswad
Batu Hajar Aswad

REPUBLIKA.CO.ID, Pada salah satu sudut bangunan Kabah terdapat sebongkah batu berwarna hitam pekat. Batu hitam itu konon bukan batu sembarangan. Batu tersebut dikenal dengan nama Hajar Aswad (Batu Hitam). Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan Hajar Aswad:

1. Berasal dari surga. Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Hajar Aswad berasal dari Surga." (HR Tirmidzi);

2. Akan memberikan kesaksian kepada orang Islam. Rasulullah SAW bersabda, "Demi Allah, batu itu akan dibangkitkan oleh Allah pada harl kiamat dengan dua mata yang bisa melihat, lidah yang bisa bicara, dan mampu memberikan kesaksian kepada orang yang telah menyentuhnya dengan benar.” (HR Tirmidzi dan Hakim)

Di dekat Kabah, tak jauh dari posisi Hajar Aswad, terdapat sebongkah batu lain yang dalam sejarah dikenal sebagai tempat pijakan kaki Nabi Ibrahim AS sewaktu merenovasi Ka’bah. Tempat kaki Nabi Ibrahim berpijak itu saat ini dikenal dengan Maqam Ibrahim (Tempat Berpijaknya Nabi Ibrahim).

 

Maqam Ibrahim adalah salah satu tempat yang istimewa di dalam komplek Masjidil Haram, sebab bagian belalangnya menjadi tempat dilaksanakannya shalat sunnah dua rakaat. Shalat tersebut dinamakan shalat sunnah dua rakaat tawaf.

Pada rakaat pertama kita dianjurkan membaca surat al-Kafirun dan pada rakaat kedua membaca su- rat al-lkhlash. Allah SWT sendiri yang memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk menjadikannya sebagai tempat shalat. Hal tersebut disebutkan dalam firman Allah SWT, “Dan jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat.”(QS Albaqarah: 125).

sumber : Panduan Super Lengkap Haji & Umrah, Oleh Aguk Irawan MN
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement