Jumat 14 Sep 2012 19:07 WIB

Gowa, Kesultanan Islam di Timur Nusantara (2)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Pelabuhan Paotere, salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo dulu yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14.
Foto: wordpress.com
Pelabuhan Paotere, salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo dulu yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14.

REPUBLIKA.CO.ID, Kerajaan Gowa. Inilah salah satu kerajaan besar di nusantara yang pernah berkuasa di wilayah timur, Pulau Sulawesi.

Menurut Ensiklopedi Islam terbitan Ichtiar Baru Van Hoeve (IBVH), wilayah kekuasaan Gowa meliputi daerah pesisir semenanjung bagian selatan Ujungpandang sampai ke Bulukumba.

Pada puncak kejayaannya, kekuasaan Kerajaan Gowa meluas sampai ke Manado, Sumbawa, Gorontalo, dan Tomini. Pada awalnya, ibukota kerajaan itu bernama Somba Opu.

Lalu, berubah menjadi Makassar. Ujungpandang yang pernah menjadi nama ibukota Provinsi Sulawesi Selatan pada masa itu adalah nama salah satu benteng Kerajaan Gowa.

Di era modern ini, Gowa menjadi salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Tidak ada data yang pasti mengenai awal mula berdirinya Kerajaan Gowa. Berdasarkan fakta-fakta yang ada, kerajaan itu sudah berdiri sejak awal abad ke-13 M. Kesultanan Gowa bertahan hingga abad ke-20 M. Sejak 1947, kerajaan itu tak lagi memiliki kekuasaan.

Kerajaan Gowa juga tercatat sebagai salah satu kerajaan paling tua di wilayah Indonesia bagian timur, selain Kerajaan Luwu dan Kerajaan Bone. Sejak berdiri, Kerajaan Gowa sangat menonjol peranannya dalam meletakkan adat istiadat Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan.

Gowa juga memiliki peran penting dalam bidang perekonomian di wilayah nusantara pada masa itu. Semua bahan-bahan perdagangan penting diangkut dari ibukota kerajaan, Somba Opu, oleh pedagang-pedagang dari tanah Jawa, Sumatra, dan Melayu ke pelabuhan-pelabuhan internasional di Indonesia bagian barat.

Kerajaan kembar

Di awal abad ke-15 M, Kerajaan Gowa memasuki era baru. Sebab, di bagian utara Ujungpandang juga sempat berdiri Kerajaan Tallo. Pada masa itu, Raja Gowa ke-6 bernama Tunatangka'lopi, mempunyai dua orang anak laki-laki; yang sulung bernama Batara Gowa, menjadi Raja Gowa menggantikan ayahnya; dan adiknya diangkat menjadi Raja Tallo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement