Senin 10 Sep 2012 23:07 WIB

Masjid Wazir Khan, Berseni Arsitektur Persia (3)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Masjid Wazir Khan di Lahore, Pakistan.
Foto: mango.itgo.com
Masjid Wazir Khan di Lahore, Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada bagian utara dan selatan sahn terdapat masing-masing 11 kamar, yang kemungkinan awalnya disediakan untuk perpustakaan dan tempat para jamaah masjid untuk mendalami Islam.

Empat buah menara oktagonal setinggi 100 meter tampak menghiasi setiap bagian sudut sahn. Keempat menara itu begitu kental dengan desain khas Mughal.

Di sebelah utara dan selatan masjid itu juga terdapat halaman berbentuk segi delapan dengan barisan bilik, dan bagian tengahnya terdapat beberapa ruang kembar pada masing-masing sudutnya. Kemungkinan kamar-kamar ini disediakan untuk para penjaga masjid.

Di halaman dalam masjid terdapat makam Syekh Muhammad Ishaq yang dikenal sebagai Miran Badshah, seorang ulama dari Iran yang menetap di Lahore pada masa Dinasti Tughluq.

Sebuah kolam wudhu juga terdapat pada bagian sahn ini. Letak kolam wudhu ini berada dalam satu garis melintang dengan bagian gerbang, namun agak ke arah timur.

Bangunan utama masjid banyak mendapat pengaruh Persia. Dekorasinya sangat kaya dengan detail ornamen yang rumit. Material yang digunakan dalam konstruksi terbuat dari jenis ubin keramik berukuran kecil berwarna-warni.

Dindingnya dilapisi plester dari bahan batu kapur dengan tekstur yang sama halus dan senada dengan warna marmer merah khas India.

Desain bermotif bunga (floral) dan sulur pola tradisional ditatah dengan teknik faience (teknik khusus untuk menghias tembikar yang di Pakistan lebih dikenal dengan sebutan kashi) pada beberapa sudut.

FH Andrews, mantan Kepala Mayo School of Art, mengungkapkan, bahan yang digunakan dalam pembangunan Masjid Wazir Khan adalah batu bata genteng  kecil yang biasa dipakai Kesultanan Mughal ketika batu tak ada atau harganya mahal. “Batu hanya digunakan untuk bangunan yang berbentuk akolade atau kurungan dan beberapa ukiran (pinjra),” ungkap Andrews.

Kemegahan dan keindahan Masjid Wazir Khan menjadi bukti dari kejayaan Kesultanan Mughal di masa silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement