Selasa 28 Aug 2012 12:18 WIB

Perguruan Tinggi Tertua di Dunia (6-habis)

Rep: Heri Ruslan/ Red: Chairul Akhmad
Universitas Al-Qarawiyyin (Jami'ah Al-Qarawiyyin), di Kota Fez, Maroko.
Foto: imageshack.us
Universitas Al-Qarawiyyin (Jami'ah Al-Qarawiyyin), di Kota Fez, Maroko.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika Islam menguasai Sicilia—wilayah selatan Italia—di Palermo telah berdiri universitas Islam terkemuka yakni Universitas Balerm atau Palermo.

Hal itu sesuai dengan catatan perjalanan penjelajah Muslim terkemuka Ibnu Hawqal. Dalam catatan perjalanannya berjudul “Al-Masalik wal Mamlik” Hawqal menuturkan, pada tahun 972 M di wilayah Italia Selatan itu telah berdiri Universitas Palermo.

Selain itu, di Cordoba, Spanyol juga peradaban Islam pada era kepemimpinan Khalifah Abdurrahman III yang berkuasa pada tahun 929 M - 961 M juga telah mendirikan Universitas Cordoba di daratan Eropa.

Universitas lainnya mulai muncul di negara lain di Eropa seperti Inggris dan Prancis mulai abad ke-12 M. Universitas Al-Qarawiyyin sebagai perguruan tinggi tertua di dunia selalu disebut sebagai lembaga pencerahan.

Namun, Lyautey, seorang Jenderal Prancis yang memimpin pasukan di Maroko pada era kolonial, menyebut Al-Qarawiyyin sebagai the Dark House (Rumah Kegelapan). ''Sebuah komentar dari orang yang tak menghormati peradaban,'' ungkap para sejarawan.

Yang Tua yang Berjaya Di Dunia Islam

859 M: Universitas Al-Qarawiyyin berdiri di Kota Fez, Maroko. Inilah universitas tertua di dunia menurut Guinness Book of World Records.

975 M: Universitas Al-Azhar berdiri di Kairo, Mesir. Pada awalnya, universitas ini mengajarkan ilmu agama, hukum, tata bahasa, filsafat dan logika.

1233 M: Universitas Mustansiriya didirikan Khalifah Al-Mustansir, penguasa Dinasti Abbasiyah. Pada tahun 1962 bergabung dengan Universitas Baghdad. Setahun kemudian kembali ke nama semula.

1327 M: Nun jauh di Timbuktu, Mali, berdiri Universitas Sankore yang didirikan Kankan Musa.

1453 M: Ketika Kerajaan Ottoman berkuasa, di Istanbul berdiri Universitas Istanbul. Awalnya merupakan sekolah tingi filsafat dan ilmu agama. Kini, telah menjadi universitas sains dan seni terkemuka di Turki.

Di Barat

1088 M: Berdiri Universitas Bologna di Italia.

1150 M: Berdiri Universitas Paris, di Prancis.

1167 M: Berdiri Universitas Oxford di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement