Senin 20 Aug 2012 14:57 WIB

Pengikut Islam Aboge Shalat Id Hari Ini

 Penganut Islam Aboge saat shalat Id di Masjid Saka Tunggal Baitussalam Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas.
Foto: blogspot.com
Penganut Islam Aboge saat shalat Id di Masjid Saka Tunggal Baitussalam Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS – Ribuan penganut Islam Aboge (Alif Rebo Wage) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melaksanakan Shalat Id guna merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriah, Senin (20/8).

Para penganut Islam Aboge ini tersebar di sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas, antara lain Desa Cikakak (Kecamatan Wangon), Desa Kracak (Kecamatan Ajibarang), Desa Cibangkong (Kecamatan Pekuncen), dan Desa Pekuncen (Kecamatan Jatilawang).

Dari pantauan di salah satu tempat Shalat Id, yakni Masjid Saka Tunggal Baitussalam Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, ratusan penganut Islam Aboge mengikuti shalat yang dipimpin imam Sulam dan khatib Suyitno.

Dalam khotbah berbahasa Arab, Suyitno mengajak umat Islam untuk menjalin tali silaturahmi dan meningkatkan "ukhuwah islamiyah".

Usai melaksanakan shalat, seluruh jamaah bersalam-salaman guna saling memaafkan dengan cara memutar mengelilingi halaman masjid yang diawali oleh imam Sulam disusul khatib Suyitno yang juga Kepala Desa Cikakak, serta diikuti penganut Islam Aboge lainnya.

Bahkan, puluhan warga yang telah melaksanakan Shalat Id pada Ahad (19/8) juga turut bersalam-salaman bersama penganut Islam Aboge.

Mereka datang ke masjid saat para penganut Islam Aboge masih melaksanakan Shalat Id. Fenomena menarik juga terjadi saat warga saling bersalam-salaman karena puluhan kera penghuni hutan di sekitar Masjid Saka Tunggal Baitussalam tampak turun di antara kerumunan warga.

Kendati demikian, warga tidak terganggu dengan kehadiran kera-kera tersebut. Usai bersalam-salaman, warga pun menggelar kenduri di dalam masjid dengan menikmati hidangan yang mereka bawa dari rumah masing-masing.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement