Jumat 29 Jun 2012 16:20 WIB

Innalillahi, Tokoh Islam Rusia Dibunuh di Masjid

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Karta Raharja Ucu
Pembunuhan (ilustrasi).
Foto: Antara
Pembunuhan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Seorang tokoh Islam Dagestan sekaligus imam masjid, Magomedkamil Gamzatov, tewas dibunuh segerombolan orang tak dikenal yang menyerang sebuah masjid di wilayah Dagestan, bagian selatan Rusia, Kamis (28/6) malam waktu setempat.

Selain membunuh Magomedkamil, para penyerang tersebut juga menyerang dan membunuh seorang jamaah masjid.

Komisi Antiterorisme Rusia mengungkapkan, para penyerang terdiri dari empat orang yang mengenakan topeng. “Para pelaku membunuh dua orang dan membakar masjid itu. Kemudian mereka melarikan diri dengan mobil curian,” demikian pernyataan Komisi Anti-Terorisme Rusia seperti dilansir RIA Novosti, Jumat (29/7).

Hingga berita ini diturunkan, kepolisian Rusia masih melakukan pengejaran terhadap pelaku. Magomedkamil Gamzatov merupakan tokoh Islam yang terkenal dengan penolakannya terhadap kekerasan. Ia seringkali menyatakan perlawanannya terhadap kaum ekstrimis garis keras.

Dagestan yang berbatasan dengan wilayah Ceska di sebelah utara Kaukasus kerap dilanda serangan sporadis belakangan ini. Pemerintah Rusia menuding militant-militan Muslim berada di balik serangan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement