Kamis 28 Jun 2012 15:26 WIB

Menumpuk, Daftar tunggu Haji Papua Hingga 2019

Pesawat Haji
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Pesawat Haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Diluar prediksi, daftar tunggu calon haji Provinsi Papua kian membengkak. Daftar tunggu tercatag hingga tahun 2019 karena jumlah pendaftar menunaikan rukun Islam kelima itu terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Jumlah yang telah terdaftar sekarang ini lebih dari 8.781 orang. Pasalnya, setiap tahun Papua hanya mendapat kuota pemberangkatan sebanyak 1.065 calon haji, kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua H Ahmad Furu, SAg, MM, di Jayapura, Kamis (28/6).

Dia mengatakan, peningkatan jumlah pendaftar haji harus disambut baik dan peningkatan itu merupakan faktor dari semakin meningkatnya kesadaran masyarakat Papua khusunya Kota Jayapura untuk melaksanakan ibadah haji.

"Selain meningkatnya kesadaran masyarakat, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Paling Timur indonesia juga mulai membaik sehingga dana yang ada bisa disisihkan untuk biaya berangkat haji, diperkirakan menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah pendaftar haji," katanya.

Ketika ditanya antisipasi agar daftar tunggu itu berkurang, Ahmad mengatakan, pernah mengusulkan kepada Kementrian Agama Pusat agar ada penambahan kouta haji seperti yang dialami tahun 2011, karena saat itu Provinsi Papua mendapat kuota tambahan sebanyak 200 orang.

"Kami tahun ini telah mengusulkan penambahan jatah pemberangkatan calon haji, tetapi hingga sekarang belum ada jawaban," ujarnya. Dia lebih mengatakan, memang masalah pemberangkatan haji tersebut bukan di Papua saja, tetapi juga daerah lain. Berdasarkan data jumlah calon haji di Papua, jumlah pendaftar terbanyak berasal dari Kota Jayapura, disusul Merauke.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement