Sabtu 16 Jun 2012 16:18 WIB

Ratu Inggris Anugerahkan MBE kepada Imam Masjid Leeds

Rep: agung sasongko/ Red: Taufik Rachman
Imam Masjid Makkah, Leeds
Imam Masjid Makkah, Leeds

REPUBLIKA.CO.ID,LEEDS—Imam Masjid Makkah, Leeds, Inggris, Qari Qasim mendapat gelar kehormatan kerajaan MBE. Gelar ini diberikan atas jasanya membangun jembatan antara Muslim dan masyarakat Inggris selepas serangan terorisme di London.

“Saya sangat berhutang budi kepada keluarga dan teman-teman, serta jamaah Masjid Makkah yang memainkan peranan penting dalam membantu saya untuk memberikan pemahaman yang benar tentang Islam dan Muslim,” komentar dia seperti dikutip wn.com, Sabtu (17/6).

Ia mengatakan penghargaan itu ia dedikasikan kepada almarhum ayahnya, yang telah memberikan inspirasi dalam kehidupannya. Qari selepas serangan London, telah bekerja keras dalam membangun dialog antara Muslim dan masyarakat Inggris. Tak hanya itu, ia juga berkampanye melawan isu-isu kekerasan rumah tangga, kawin paksa, prilaku anti sosial dan kekerasan terhadap anak-anak dalam lingkup tempat ibadah dan pendidikan.

Rekan Qari, Haji Arif mengatakan penghargaan yang diberikan kepada imam Qari merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi Muslim Inggris. Sebab, apa yang dicapai beliau merupakan bentuk pengakuan atas setiap usaha Muslim dalam meluruskan kesalahpahaman dan isu-isu lain.

“Ia terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang intinya untuk mengintegrasikan Islam dan Muslim ke dalam masyarakat Inggris. Ia juga berani untuk bersuara dalam menghadapi isu-isu tabu dalam Muslim Inggris,” papar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement