Jumat 08 Jun 2012 22:52 WIB

MTQ Ambon Jadi Refleksi Kerukunan Umat Beragama

Rep: Esthi Maharani/ Red: Chairul Akhmad
Panggung utama MTQ Nasional ke-24 di Kota Ambon, Maluku.
Foto: Antara/Embong Salampessy
Panggung utama MTQ Nasional ke-24 di Kota Ambon, Maluku.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON – Menteri Agama, Suryadharma Ali, mengatakan MTQ ke-24 yang diseleggarakan di Ambon, Maluku, merepresentasikan kondisi kerukunan umat beragama.

"Pelaksanaan MTQ di Kota Ambon menjadi refleksi kerukunan umat beragama di Indonesia," katanya, Jumat (9/6).

Menurutnya, pelaksanaan MTQ di Ambon diharapkan tetap berada dalam suasana yang aman dan damai sehingga mencerminkan kerukunan umat beragama yang didambakan.

Ia mengatakan MTQ yang diselenggarakan secara rutin di Tanah Air telah membudaya. Lebih jauh, MTQ ini tidak hanya menjadi ikon syiar Islam tetapi juga menjadi wahana dalam rangka pendidikan generasi muda untuk semakin dekat dengan Alquran.

Tak hanya itu, ia juga mengharapkan dengan MTQ ini bisa meningkatkan pemahaman dan kesadaran dalam melaksanakan nilai-nilai di dalamnya di kehidupan sehari-hari. "Alquran harus jadi penuntun sehingga menjadi hidup yang baik," kata Suryadharma.

MTQ Nasional ke-24 ini akan digelar 8-19 Juni mendatang. Hadir 33 kafilah dari 33 provinsi. Sedangkan pihak yang terlibat dalam perhelatan akbar ini mencapai 5.000 orang yang termasuk pendukung acara, panitia pusat, panitia daerah, hingga dewan hakim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement