Selasa 29 May 2012 04:45 WIB

An Nahjah As Sawiyyah Nama-Nama Indah Rasulullah (II)

Rep: nashih nashrullah/ Red: M Irwan Ariefyanto
Nabi Muhammad SAW
Foto: blogspot
Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID,Suyuthi yang disebut-sebut oleh sejarawan Ibn Khalikan sebagai sosok yang produktif menulis—konon karya Suyuthi mencapai ribuan buku dengan beragam topik dan disiplin ilmu—mengatakan bahwa sebagian besar nama tersebut sebenarnya merupakan representasi dan manifestasi dari sifat dan karakter pribadi Rasulullah. 

Karena itu, An Nawawi dalam kitab Tahdzib Al Asma’ berpendapat, pemaknaan beberapa nama itu mesti merujuk pada peristiwa dan keja dian yang melatarbelakangi nya. Jika merujuk pada fakta ini, Ibnu Asakir berpandangan dalam kitab Al Mubhamat bahwa jumlah nama-nama yang diintisarikan bisa sangat beragam dan banyak. 

Selanjutnya, Suyuthi yang lahir di Kairo, 1 Rajab 849, me negaskan bahwa dari se kian nama, Muhammad adalah panggilan yang paling dikenal. Nama ini diberikan oleh sang kakek, Abdul Muthallib, usai akikah dengan menyembelih satu ekor kambing. Saat ditanya, mengapa cucunya diberi nama Muhammad dan bukan nama nenek moyangnya, sang kakek yang memiliki nama julukan Abu al-Harist itu menjawab, ia ingin cucu kesa yangannya itu dipuji oleh Allah di langit dan disegani lalu diteladani umat manusia yang hidup di bumi. 

Mengutip perkataan al- Qadhi ‘Iyadh, Suyuthi yang bermazhab Syafii itu me nga takan, kedua nama yak ni Mu hammad dan Ah mad termasuk salah satu tanda kebesaran Allah sekaligus keistimewaan bagi Rasulullah. Allah berkehendak dan menggunakan kuasa-Nya untuk menjaga kedua nama tersebut. Sebelum Rasulullah lahir, tak ada satu pun orang Arab yang menggunakan nama itu. 

Hal ini tak lain dimaksudkan untuk menghindari kekacauan dan timbulnya ke raguan terhadap sosok Mu hammad, terutama saat pengukuhannya sebagai na bi dan rasul. Bisa dibayang kan bagaimana jadinya jika ke dua nama itu adalah na ma yang lumrah atau “pa saran”. Al Qadhi ‘Iyad me nambahkan, pemakaian na ma itu muncul tak lama se telah tersiar kabar seorang rasul akan diutus di Tanah Arab. Mereka berharap, dengan memberikan nama tersebut, rasul yang sedang menjadi perbincangan itu ialah salah satu dari mereka. 

Suyuthi kemudian menguraikan nama-nama lain dari Rasulullah, antara lain, al-Abyadh yang berarti sosok yang berkulit putih. Sebutan lain bagi Rasulullah ialah al-Aghar (sosok paling tepat). Kata ini muncul dari syair Hasan bin Tsabit. “(Figur) tepat atas pe nutup kenabian, dari Allah dari cahaya yang memancar dan bersaksi.” Ada pula nama al-Ashdaq, disematkan ke Rasulullah ber dasarkan Ibrahim bin Mu hammad, salah satu putra Ali bin Abi Thalib. Ibrahim menyebut Rasulullah adalah sosok dengan gaya bahasa dan dialek yang lurus (al- Ashdaq). 

Ada pula penamaan yang merujuk pada kitab tafsir. Di antaranya ialah nama al- Ahsan. Nama itu disebutkan oleh Abu Hafsh An Nasafi di kitab tafsirnya saat menguraikan makna dari ayat, “Siapa kah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal saleh, dan berkata, ‘Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?’” (QS Fushshilat [41] : 33). Ia mengatakan, yang dimaksud ayat ini ialah Rasulullah, figur pilihan yang paling dicintai Allah di muka bumi, serta sosok yang mengajak segenap umat menunju jalan-Nya. 

Masih banyak lagi namanama Rasulullah yang kurang akrab di telinga seba gian umat, seperti al- Ajwad (paling dermawan), Asyja’unnas ( paling pembe rani), Abu al-Qasim, Imam, al-Iklil, al-Bayan (penjelas), At Tali (datang belakangan), At Tadzkirah (pengingat), Tsanits nain, Habiburrahman, Habibullah, Murtadha, Murtaji, An Nashib, An Na syir, Yasin, al-Yatsribi, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement