Jumat 10 Feb 2012 18:23 WIB

Muslim Rusia Dukung Pemerintahan Putin

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ramdhan Muhaimin
komunitas muslim di Rusia (ilustrasi)
komunitas muslim di Rusia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW - Usaha Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin mempertahankan kekuasaannya mendapat dukungan dari komunitas agama Rusia, termasuk komunitas Muslim. Dukungan itu diberikan dalam pertemuan antara Putin dengan para pemimpin komunitas agama Rusia.

Ketua Dewan Mufti Rusia, Ravil Gainutdin mengatakan komunitas Muslim mempercayai Putin untuk memimpin Rusia. "Komunitas Muslim ingin Anda sukses," kata Ravil seperti dikutip rferl.org, Jum'at (10/2).

Ketua Kordinasi Pusat Muslim Kaukasus Utara, Ismail Berdiyev memuji putin dalam usahanya melestarikan Rusia sebagai sebuah negara. Menurutnya, mereka yang memprotes kekuasaan Putin tidak memikirkan nasib Rusia di masa depan. "Kami memberikan dukungan kepada Putin," ucapnya. 

Sementara itu, Putin menekankan perlunya kehidupan beragama di dunia. Ia mengatakan selama ini suara komunitas agama Rusia jarang terdengar di televisi. Karena itu, ia menganggap perlu untuk mencurahkan waktu lebih banyak tayangan yang menampilkan tema keagamaan.

"Saya akan memberikan instruksi kepada para pejabat kementerian pertahanan dan pendidikan untuk bekerja sama dengan pemimpin agama untuk melahirkan ulama dalam militer Rusia. 

"Saya pastikan disini, negara tidak akan dan tidak akan pernah mencampuri urusan organisasi keagamaan," kata dia.

Seperti diberitakanan, ribuan orang menuntut Perdana Menteri Rusia melepaskan jabatannya. Mereka menggelar aksi demonstrasi di Moskow dan St. Petersburg.

Alasan dibalik demonstrasi itu, partai Rusia Bersatu pimpinan Putin melakukan kecurangan dalam Pemilu beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement