Selasa 06 Dec 2011 20:17 WIB

Cambridge Segera Bangun Masjid Ramah Lingkungan

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Djibril Muhammad
Masjid Cambridge
Foto: www.fm-world.co.uk
Masjid Cambridge

REPUBLIKA.CO.ID, CAMBRIDGE - Pemerintah kota Cambridge dalam waktu dekat akan membangun masjid ramah lingkungan. Usulan untuk membuat masjid tersebut sudah sampai kepada dewan kota.

Arsitek masjid, Mark Barfield merancang masjid dengan struktur hemat energi. Untuk wudhu, mereka menerapkan prinsip daur ulang air.

Atapnya akan berwarna hijau sehingga meminimalisir karbon. Konsep ini diterapkan untuk menekankan peran manusia sebagai khalifah yang bertanggung jawab menjaga ciptaan Allah. Rumah ibadah ini akan berperan sebagai oase.

"Dikelilingi pohon cemara. Ruang untuk shalat akan bisa dipakai oleh seribu jamaah," ujar Barfield seperti ikutip fm-world, Selasa (6/12).

Begitu memasuki area masjid, pengunjung akan melewati sebuah taman. Mereka akan berjalan melewati serambi tertutup dan atrium hingga sampai pada ruang shalat utama.

Di sepanjang jalan akan ditanami pohon. Sebelum masuk ke ruang utama masjid akan dibangun air mancur. Masjid ini juga akan dilengkapi dapur, kafe, ruang belajar, tempat parkir bawah tanah yang cukup untuk 80 kendaraan.

Tembok akan dibangun dengan bata Gault lokal. Kamar mandi akan dirancang agar bisa memperoleh cahaya alami. Di atas mihrab, akan ada kubah yang terbuat dari emas. "Ketika keadaan gelap, akan ada lampu LCD yang memberikan cahaya lembut," kata dia.

Masjid yang diusulkan ini dibangun karena masjid yang telah ada sudah cukup penuh sesak. Bangunan ini dirancang untuk Trust Akademik Muslim, sebuah badan amal yang didirikan pada 1996.

Tim desain dipimpin oleh Marks Barfield. Ia dibantu beberapa orang untuk membuat struktur masjid, hiasan, serta manajemen dan perencanaan. Para desainer ini berkonsultasi dengan masyarakat setempat untuk memastikan tempat ibadah ini nantinya akan aman, nyaman dan dapat diterima semua orang.

"Kami berharap masjid ini menjadi sebuah bangunan penting yang akan menyuntikkan kehidupan baru ke daerah Romsey Cambridge. Nantinya masjid ini akan menjadi monumen yang dibanggakan oleh masyarakat lokal," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement