Kamis 27 Oct 2011 19:31 WIB

Tiga Calhaj Kalbar Dipulangkan

REPUBLIKA.CO.ID,PONTIANAK--Sebanyak tiga orang jamaah calon haji asal Provinsi Kalimantan Barat dipulangkan karena sakit dan hamil.

"Ya ada tiga orang yang batal menunaikan ibadah haji tahun 2011 ini, satu orang dari Sekadau karena sakit, dua lagi pasangan suami istri, alasannya karena sang istri hamil asal dari Sambas," ungkap Ketua Panitia Pelaksana Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Provinsi Kalbar Susanto Tri Nugroho di Pontianak, Kamis.

Menurut Nugroho, saat ini 2.428 orang jamaah calon haji asal Kalbar sudah berada di Mekkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah. "Sekarang ini mereka semua sudah berada di Mekkah dalam keadaan sehat," ungkap Nugroho.

Pada saat sebelum berangkat pun, kata Nugroho, panitia telah mengingatkan para jamaah calon haji untuk mempersiapkan pakaian-pakaian yang dapat menahan hawa dingin. "Apalagi di sana sekarang ini sedang musim dingin. Kami juga sudah membagikan masker saat jamaah calon haji berada di Asrama Haji Batam," kata Nugroho.

Hingga Senin (24/10), total jamaah calon haji Indonesia sudah mencapai 128.113 orang.

Jumlah calon haji yang sudah berada di Mekah sebanyak itu berasal dari 319 kelompok terbang dari 12 embarkasi.

Jamaah terbanyak berasal dari embarkasi Solo 24.676 orang, lalu embarkasi Surabaya 20.505 orang, embarkasi Jawa Barat dengan 20.130 orang dan embarkasi DKI Jakarta 11.809 orang.

Sementara total calon haji Indonesia yang sudah berada di Arab Saudi adalah 148.032 orang atau 73,21 persen dari total calon haji yang berhak menunaikan ibadah haji. Jamaah calon haji Indonesia yang saat ini masih di Madinah dalam waktu dekat segera bergerak menuju Mekah setelah menyelesaikan Arbain.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji, Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Abdul Rojak sebelumnya mengatakan,

Musim haji tahun ini, jamaah calon haji Kalbar terdiri dari enam kloter. Mulai Kloter 17 hingga 22. Enam Kloter itu terbagi dalam dua gelombang. Kloter 17 dan 18 masuk dalam gelombang petama selebihnya gelombang kedua.

Kloter 17 terdiri dari Kabupaten Sintang, Melawi, Sekadau, Sanggau, dan sebagian Kota Pontianak. Kloter 18 terdiri dari Singkawang, Sambas, sebagian Kota Pontianak. Kloter 19 terdiri dari Kota Pontianak dan Kubu Raya. Kloter 20 terdiri Kabupaten Pontianak, Landak, Kapuas Hulu dan Kota Pontianak. "Sedangkan Kloter 22 Kota Pontianak," kata Rojak.

Untuk kepulangan jamaah haji Kalbar, Kloter 17 dijadwalkan pada 20 November 2011 pukul 13.00 WIB. Sedangkan, Kloter 22 pada 3 Desember 2011 pukul 12.30 WIB.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement