Senin 22 Aug 2011 09:33 WIB

Cungkup Makam Sunan Bonang Dipugar

Red: cr01
Pintu masuk makam Sunan Bonang di Tuban, Jawa Timur.
Foto: blogspot.com
Pintu masuk makam Sunan Bonang di Tuban, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN – Cungkup makam Sunan Bonang di Kelurahan Kutoarjo, Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dipugar dengan dana sekitar Rp 2 miliar.

"Meskipun ada tambahan cungkup baru, cungkup lama dibiarkan tidak dibongkar," kata Ketua Panita Pemugaran Cungkup Makam Sunan Bonang, Muhammad Hamdani, Senin (22/8).

Ia menjelaskan, perencanaan pemugaran cungkup di makam salah satu dari Wali Songo itu sudah berjalan sejak setahun yang lalu. Hanya saja, pelaksanaan pemugaran baru bisa berjalan sekitar sebulan yang lalu. Pembangunannya dikebut sejak awal Ramadhan, karena kebiasaan di makam setempat, saat masuk Ramadhan sepi pengunjung. "Kalau di luar bulan puasa, pengunjung cukup ramai, jelas mengganggu," katanya.

Hamdani mengaku, tidak bisa lagi menyebutkan jumlah peziarah di makam itu. Yang jelas, peziarah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, juga luar negeri, seperti Brunei dan Malaysia, selalu membeludak hingga keluar ke cungkup lama. Terutama menjelang puasa Ramadhan, juga pada Hari Raya Idul Fitri, dan hari-hari lainnya.

Menurut Hamdani, diperkirakan pembangunan cungkup baru menelan dana sekitar Rp 2 miliar. Sementara ini, dana yang sudah dikeluarkan untuk membangun cungkup baru dengan kerangka besi tersebut, sekitar Rp 300 juta. "Semua dana berasal dari peziarah lewat kotak amal yang kami pasang di kompleks makam ini," katanya sambil menunjuk kotak amal yang terpasang di kanan-kiri jalan menuju makam Sunan Bonang.

Selama ini, tambahnya, uang yang bisa dikumpulkan dari kotak amal tersebut rata-rata berkisar Rp 20 juta per bulannya. "Kalau sekarang dananya belum cukup," katanya menambahkan.

Oleh sebab itu, di jalan masuk ke arah makam Sunan Bonang dipasang spanduk yang berisi imbauan kepada para peziarah yang datang, lengkap dengan nomor rekening, dengan harapan ada peziarah, membantu dana pembangunan cungkup baru itu. Situs makam Sunan Bonang yang dikelola Yayasan Mubarrot Tuban itu pengawasannya langsung di bawah Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Timur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement