Selasa 02 Aug 2011 22:30 WIB

Cegah Penyakit Mewabah, Ulama Ghana Minta Umat Islam Terapkan Pola Hidup Bersih

Rep: Agung Sasongko/accra.com/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Komunitas Muslim di Ghana.
Foto: www.ghanatravels.wordpress.com
Komunitas Muslim di Ghana.

REPUBLIKA.CO.ID, HO--Teolog Islam, Syekh Ishaak Nuamah dari Volta Region, Kawasan Administratif Ghana, menegaskan pentingnya menjaga kebersihan sebagai keimanan. Maklum, kini Ghana tengah dilanda penyakit menular karena pola hidup bersih masih belum dianut masyarakat di sana.

Ia menyarankan umat Islam untuk selalu menjaga lingkungan agar bersih dan rapi.  Langkah itu, kata dia, akan membantu mencegah wabah penyakit menular di komunitas mereka.

Berbicara kepada komunitas Muslim dalam kampanye pendidikan publik di Ho, Ibukota Volta Regions, Sheikh Nuamah mengatakan praktek menjaga lingkungan sejalan dengan cita-cita Allah SWT dan menjadi landasan iman dari agama Islam.

"Saya mendesak kepada umat agar untuk beraktivitas selaras dengan apa Quran mengatakan," katanya seperti dikutip dari accra-mail.com, Selasa (2/8).

 

Kepala Pengawas Sanitasi dan Lingkungan, Volta Region, Philip Anim mengimbau kepada masyarakat untuk aktif membersihkan lingkungan dari kotoran dan bau busuk. Ia mengatakan penjual makanan harus mendapatkan izin medis sebelum menjajakan dagangannya.

 Philip juga meminta masyarakat untuk mengatur keberadaan hewan liar karena sebagian dari hewan-hewan ini merupakan pembawa penyakit.

"Tukang Daging harus selalu memastikan bahwa hewan mereka sebelum disembelih terlebih dahulu menjalani pemeriksaan secara medis saat hendak dijual pada publik," kata si Philip.

Imam Volta, Alhaji  Umar  Hamza  Danjumah berharap agar masyarakat Volta, utamanya umat Islam untuk turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement