Selasa 14 Jun 2011 18:09 WIB

Pekanbaru Disiapkan Jadi Embarkasi Haji

Jamaah haji
Foto: Antara
Jamaah haji

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Riau menyatakan, niat Riau menjadikan Pekanbaru salah satu lokasi pemberangkatan (embarkasi) jamaah calon haji diperkirakan bakal terwujud tahun 2013.

"Berbagai tahapan untuk menjadikan Pekanbaru sebagai embarkasi haji sedang dipersiapkan, jika semua berlangsung lancar maka pada tahun 2013 niat itu baru bisa diwujudkan," kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Asyari Nur, di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan, pada tanggal 26 Juni 2011 pihaknya baru akan melakukan pertemuan dengan tim dari Kementerian Agama untuk membicarakan niat Pemerintah Provinsi Riau yang menjadikan Pekanbaru sebagai embarkasi.

Menurutnya, tidak mudah untuk menjadikan suatu daerah menjadi lokasi pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji di Tanah Air meski telah mendapatkan "lampu hijau" langsung dari Menteri Agama Suryadharma Ali.

Sebab, lanjutnya, sejumlah persyaratan harus dipenuhi seperti letak pemondokan yang tidak terlalu jauh dari bandara, kemudian bandara yang dijadikan tempat pemberangkatan dan pemulangan harus bisa didarati pesawat berbadan lebar seperti pesawat jenis Boeing 747.

"Secara lisan gubernur Riau telah menyampaikan langsung pada menteri agama atas kemungkinan Pekanbaru menjadi embarkasi, dan mendapat tanggapan baik dari pak menteri. Namun perlu waktu dan persiapan untuk mewujudkan niat baik itu," jelasnya.

Asyari juga mengatakan, jika Pekanbaru menjadi embarkasi haji, maka sebagai tuan rumah kemungkinan kuota jemaah haji bisa bertambah menjadi 6.000 orang per tahun dari yang ada saat ini 5.010 orang per tahun.

Selain itu, para jemaah haji yang berasal dari daerah tetangga perbatasan Riau seperti Jambi dan Sumatera Utara bisa diberangkatkan dari Pekanbaru karena lebih dekat sehingga lebih efisien waktu.

"Sebagian jemaah haji asal Jambi yang selama ini berangkat melalui Padang dan Batam, serta jemaah asal Sumatera Utara di daerah perbatasan Riau bisa pindah ke Pekanbaru dengan alasan waktu," jelasnya.

Gubernur Riau, HM Rusli Zainal telah berulang kali menyampaikan permintaan untuk menjadikan Riau sebagai salah satu lokasi pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji seiring dengan pembenahan yang sedang dilakukan di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

Bahkan Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Wan Syamsir Yus mengaku bahwa pihaknya telah mendapatkan restu dari Kementerian Agama untuk segera melakukan pembangunan embarkasi.

Selama ini jemaah haji yang berasal dari Riau berangkat dan pulang dari tanah suci menunaikan rukun Islam kelima harus ditempuh melalui Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement