Rabu 15 May 2019 20:25 WIB

Berzakat di Baznas Bisa Pindai Lewat Aplikasi Dana

Baznas memberikan kemudahan dalam berdonasi.

Rep: rahma sulistya/ Red: Dwi Murdaningsih
Launching Kerja sama Baznas dengan Dana di Kedai Pelangi, Jakarta Pusat, Rabu (15/5).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Launching Kerja sama Baznas dengan Dana di Kedai Pelangi, Jakarta Pusat, Rabu (15/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali bekerja sama dengan salah satu aplikasi digital yakni Dana. Kini masyarakat bisa lebih mudah berdonasi lewat aplikasi Dana secara cashless. Cara ini bisa dilakukan di 30 counter Baznas yang tersebar di beberapa titik.

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, menyambut baik dompet digital ini dalam memberikan kemudahan layanan berzakat dan berdonasi nontunai melalui teknologi QR Code. Ia mengatakan, Baznas memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan dalam berzakat dan berdonasi bagi masyarakat yang gemar berbagi.

 

“Berzakat dan berdonasi makin mudah melalui QR Code Dana. Donasi yang terkumpul akan dimanfaatkan dalam program Ramadhan dan program-program pemberdayaan mustahik, mulai dari bidang ekonomi, pendididikan, kesehatan, dakwah, dan kemanusiaan,” kata Arifin dalam acara Launching Kerja sama Baznas dengan Dana di Kedai Pelangi, Jakarta Pusat, Rabu (15/5).

 

Saat Ramadan, jumlah masyarakat yang gemar berbagi meningkat, karena itu, Baznas memberikan kemudahan dalam layanan berdonasi. Ia menambahkan, masyarakat hanya perlu membuka menu ‘Bayar’ pada aplikasi Dana, kemudian pilih ‘Pindai’ untuk memindai QR Code untuk berzakat dan berdonasi melalui Baznas pada poster, stiker, atau selebaran yang tersebar di daerah Jabodetabek dan media sosial Baznas.

 

Saat Ramadhan ini, ia menjelaskan, Baznas ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, serta meningkatkan pelayanannya bagi para muzaki atau donatur dan mustahik atau para penerima manfaat.

 

“Pada Ramadhan tahun ini, Baznas memiliki 18 program unggulan untuk memberikan pelayanan kepada para mustahik. Program-program ini bertujuan untuk melayani mereka selama Ramadan dan Idul Fitri,” kata Arifin.

 

Sebagai bentuk awal kerja sama Baznas dengan Dana, ada tiga jenis layanan berzakat dan berdonasi nontunai melalui teknologi QR Code yang dihadirkan, yakni QR Code Zakat Fitrah, QR Code Zakat, dan QR Code Infaq.

 

Chief Communication Officer Dana, Chrisma Albandjar, mengatakan masyarakat dapat berzakat dan berdonasi melalui Baznas dengan lebih mudah tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Dengan memanfaatkan teknologi dan sistem pemindaian QR Code Dana, berzakat dan berdonasi dapat menjadi lebih lancar.

 

“Di zaman digital sekarang, teknologi finansial menjadi budaya positif dan membantu meningkatkan aktivitas sosial ekonomi masyarakat, termasuk dalam berzakat dan berdonasi,” kata Chrisma dalam acara yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement