Ahad 05 May 2019 17:24 WIB

Bidik Mustahik Layak Lewat Tebar Zakat Fitrah Dompet Dhuafa

Program Tebar Zakat Fitrah Dompet Dhuafa akan membidik langsung mustahik yang layak.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Gita Amanda
Zakat fitrah (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Zakat fitrah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat yang hendak mengeluarkan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) kepada Dompet Dhuafa, kini tidak perlu khawatir lagi kepada siapa donasi mereka akan diberikan. Karena Dompet Dhuafa memiliki sebuah program Tebar Zakat Fitrah, yang akan membidik langsung para mustahik yang memang layak dapatkan bantuan.

Ketua Program Ramadhan Dompet Dhuafa, Udhi Tri Kurniawan, mengatakan program ini sudah dilakukan kampanyenya sejak sebelum Ramadhan. “Nah, ini sebenarnya upaya kita untuk memastikan zakat fitrah kita merata,” ujar dia saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (5/5).

Baca Juga

Selain merata, manfaat dari ZIS masyarakat juga dirasakan langsung oleh kelompok masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan di beberapa wilayah, yang mungkin belum terjangkau di beberapa wilayah Indonesia.

Bahkan, termasuk juga wilayah-wilayah pascabencana seperti Banten, Lombok, Palu, atau Bengkulu, dan wilayah-wilayah itu jadi sasaran prioritas program ini. “Jadi masyarakat Jabodetabek (karena Jabodetabek perputaran ekonomi terbesar), yang mau berzakat di Dompet Dhuafa, jadi mengetahui bahwa penyalurannya ini ke seluruh wilayah Indonesia,” kata Udhi.

Terkait khusus wilayah-wilayah terdampak bencana alam, Dompet Dhuafa juga memiliki program tersendiri yang menyasar wilayah Banten, Palu, Lombok, dan Bengkulu, yang baru-baru ini memang masih dalam tahap pemulihan pascabencana.

“Ada beberapa pendekatan program. Baik itu program yang hanya dengan dukungan atas pelaksanaan ibadah, termasuk juga event seperti distribusi bantuan untuk Lebaran maupun berkaitan dengan kesehatan,” papar dia.

Ia berharap Tebar Zakat Fitrah ini akan membawa manfaat secara menyeluruh dan adil, dan masyarakat yang berzakat bisa ikut mengawasi kemana saja donasi-donasi ini tersalurkan kepada para mustahik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement