Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Jampang English Village, Beternak Sembari Berbahasa Inggris

Senin 30 Mar 2015 07:59 WIB

Rep: c 83/ Red: Indah Wulandari

Percakapan dalam Bahasa Inggris

Percakapan dalam Bahasa Inggris

Foto: usaid

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Sebuah kampung berbahasa Inggris berdiri di Desa Jampang, Kecamatan Kemang,Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan nama Jampang English Village (JEV).

JEV merupakan salah satu bagian dari kawasan pemberdayaan Zona Madina yang dibangun lembaga zakat Dompet Dhuafa.

 “Kampung Inggris di Jampang dimulai dengan membentuk komunitas-komunitas di masyarakat untuk belajar bahasa Inggris dengan cara dan metode yang mendidik dan menyenangkan,” terang Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa, Yayan Rukmana, Senin (30/3).

Ia menjelaskan, metode pembelajaran di JEV akan dibuat interaktif dan atraktif dengan tidak terpaku pada ruang kelas maupun cara belajar yang kaku.

Namun demikian, JEV menggunakan balai pertemuan desa, lapangan, halaman rumah, saung-saung, mushola, dan berbagai tempat lain termasuk di tempat masyarakat mencari nafkah.

Pada tahap awal, JEV dimulai dengan mendidik komunitas pandu desa yang ada dengan anggota sebanyak 30 orang. Selanjutnya, masyarakat luas baik itu pelajar, pemuda desa, karang taruna, remaja masjid, ibu-ibu PKK, ibu-ibu majelis taklim, guru, dan komunitas lainnya dengan target 1000 orang bergabung untuk belajar bahasa Inggris di tahun 2015.

“Belajar tidak terpaku dengan ruang dan waktu, namun disesuaikan dengan kondisi dan situasi. Bisa jadi nanti akan beternak sambil belajar bahasa Inggris, dialog dalam jual beli juga dilakukan dalam bahasa Inggris,” ujar Yayan.

Untuk mempermudah proses belajar, menu makanan di warung-warung dan toko di kawasan JEV akan ditulis dalam bahasa Inggris.

Di tempat-tempat umum seperti pos ronda, masjid dan mushola, dinding-dinding tempat belajar juga akan ditempel informasi atau ungkapan-ungkapan dalam bahasa Inggris sehingga membantu dalam belajar. Papan penunjuk jalan juga akan dibuat dalam bahasa Inggris.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA