Rabu 29 Apr 2015 22:48 WIB

Inilah Sumur Lokasi Nabi Yusuf AS Dibuang Saudaranya

Sumur Yusuf, Nablus Palestina
Foto: aarabladies.com
Sumur Yusuf, Nablus Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, Nabi Yusuf AS merupakan salah satu nabi yang memiliki kedudukan istimewa dalam tiga agama samawi, yakni Yahudi, Kristen dan Islam. Putra dari Nabi Ya’qub tersebut diperintahkan berdakwah untuk Bangsa Kan’an dan Firaun di Mesir. Kisahnya diabadikan dalam Alquran. Nama Yusuf terulang sebanyak 27 kali dalam Alquran.

Kisah Yusuf AS mengajarkan hikmah dan pelajaran berharga sejak kecil. Mulai dari kisah pembuangannya ke sumur oleh saudara-saudaranya yang merasa iri dan cemburu, diselamatkan oleh kafilah dagang, hingga akhirnya menjadi pemimpin hebat di Mesir. Allah SWT memberikan mukjizat berupa kemampuan menakwilkan mimpi.

Sumur yang berada di Nablus, Palestina ini diyakini sebagai tempat pembuangan Yusuf oleh 11 saudaranya sewaktu kecil. Tindakan saudaranya itu dipicu rasa cemburu kepada Yusuf. Kisah pembuangan tersebut diabadikan dalam surah Yusuf ayat 12.

Setelah dimasukkan ke dalam sumur tersebut, Yusuf ditinggal oleh saudara-saudaranya tersebut. Kemudian Yusuf ditemukan oleh kafilah dagang yang kemudian menjualnya di Mesir. Orang yang membeli Yusuf adalah Qithfir, raja mesir yang bergelar el-Aziz.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement