Jumat 09 Nov 2018 19:58 WIB

Oki Setiana Dewi Luruskan Niat dalam Berdakwah

Mengajak kebaikan bukan hanya tugas seorang ustaz, melainkan tugas semua orang.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andi Nur Aminah
Oki Setiana Dewi
Foto: ROL/Fakhtar K Lubis
Oki Setiana Dewi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekad untuk mengajak orang lain pada kebaikan mendorong artis cantik sekaligus ustazah Oki Setiana Dewi meluruskan niatnya dalam berdakwah. Ia mengatakan, mengajak kebaikan bukan hanya tugas seorang ustaz, melainkan juga semua orang.

Karena itulah, ia mengatakan mendukung terselenggaranya acara seperti Hijrah Festival 2018 yang digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada 9-11 November. Menurutnya, acara Hijrah Fest ini harus didukung karena di dalamnya menampilkan para ustaz dan artis yang berbagi pengalamannya setelah berhijrah.

"Tugas saya sebagai hamba Allah adalah senantiasa belajar dan saya menyampaikan apa yang saya tahu, dan saya berusaha meluruskan niat saya untuk mengajak orang-orang pada kebaikan," kata Ustazah Oki di sela-sela acara Hijrah Festival 2018 di Hall A JCC Senayan, Jakarta, Jumat (9/11).

Oki lantas menuturkan tentang awal ia mulai berkecimpung di dunia dakwah. Mengawali kiprahnya di dunia seni dengan bermain film religi pada 2008, ia mengatakan menjadi kenal dengan banyak orang-orang yang baik dan lingkungan yang kondusif.

Saat menjalani syuting di Mesir, ia semakin semangat setelah melihat orang-orang yang tengah mempelajari Alquran. Dari pengalamannya, Oki kemudian menulis sebuah buku. Pada 2014, sebuah stasiun televisi memintanya untuk berbagi pesan dakwah kepada masyarakat.

Dari sanalah, Oki mulai dikenal sebagai seorang ustazah. Selama dua tahun terakhir ini pun, Oki jarang berada di Indonesia dan sebagian besar menghabiskan waktu di Malaysia untuk mengisi program televisi di sana. Bagi Oki, kegiatan berdakwah adalah caranya untuk belajar dan semakin memperdalam agama.

"Dakwah adalah tugas semua orang. Kita berkeinginan mengajak orang dan diri kita menjadi lebih baik. Sebagaimana Allah berfirman, kita adalah umat terbaik untuk mengajak umat pada kebaikan," lanjutnya.

Kegiatan Ustazah Oki dalam berdakwah semakin banyak. Ia mengatakan, dua pekan sebelumnya ia melancong ke Madinah dan berbagai tempat di Palestina. Sebelumnya, Oki juga menjelajah ke beberapa negara termasuk Turki, Oman, Yordania. Pada Desember mendatang, Oki juga akan menjelajah ke Balkan, Spanyol, Paris, dan Belanda.

Ia mengatakan, perjalanan yang dilakukannya bertujuan untuk mempelajari sejarah penyebaran Islam. "Saya berharap ketika pergi ke sana tidak sekadar membaca sejarah, tapi juga menghayati perjalanan para nabi dan menguatkan keimanan kita," ujarnya.

Diakuinya tidak mudah untuk menjelajah sejumlah negara dalam rangka belajar tentang Islam. Pasalnya, ia selalu merindukan ketiga anaknya yang memang masih kecil. Namun, ia mengatakan ia meluruskan niatnya untuk mempelajari islam. Ia juga berharap perjalanannya itu dapat ditayangkan. Sehingga, masyarakat bisa turut melihat bagaimana sejarah Islam dan penyebarannya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement