Kamis 01 Mar 2018 07:13 WIB

Manusia Dibagi 3 Bagian, Apa yang Mau Disombongkan?

Yang jadi bagian manusia adalah amalnya.

Ustaz Dr Syamsul Yakin MA saat mengisi pengajian Shubuh di Masjid Al-Syarif BSD, Tangsel, Kamis (1/3).
Foto: Dok Syamsul Yakin
Ustaz Dr Syamsul Yakin MA saat mengisi pengajian Shubuh di Masjid Al-Syarif BSD, Tangsel, Kamis (1/3).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN – Apa yang mau disombongkan oleh manusia? Sehebat apa pun dia, menurut ukuran manusia, kelak dia akan jadi santapan cacing tanah setelah kematiannya.

 

Hal itu ditegaskan dosen Pascarsajana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ustaz Dr Syamsul Yakin MA, saat mengisi pengajian dalam rangka Shubuh berjamaah di Masjid Al-Syarif Al-Azhar BSD, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Kamis (1/3). Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka pelantikan ketua DKM baru masjid tersebut.

"Manusia dibagi menjadi  tiga bagian: sepertiga untuk Allah, sepertiga untuk dirinya, dan sepertiga jadi  santapan cacing tanah,” kata Ustaz Syamsul Yakin, mengutip perkataan Ibnu Hajar, salah seorang ulama salaf terkemuka.

Ia lalu menjelaskan, adapun yang akan jadi  bagian Allah dan akan kembali kepada Allah adalah ruhnya (ruh kita). Lalu yang akan jadi  bagian manusia adalah amalnya.

“Sedangkan yang akan menjadi santapan cacing tanah adalah jasad kita,” kata Pengasuh Ponpes Madinatul Quran, Parungbingung, Depok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement