Rabu 11 Nov 2015 09:11 WIB

Layanan Medical Check Up bagi 1000 Anak Korban Asap

Ahmad Juwaini
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Ahmad Juwaini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini mengungkapkan, Pokja Nasional Kemanusiaan Penganganan Kabut Asap dideklarasikan atas prinsip independensi sebagai semangat kolaborasi kerelawanan dari lembaga-lembaga dan organisasi kemanusiaan yang hadir.

Program ini, kata Ahmad, didukung berbagai lembaga kemanusiaan lainnya seperti Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Humanitarian Forum Indonesia (HFI), South East Asia Humanitarian Forum (SEAHUM), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

“Salah satu inisiasi Pokja Nasional Kemanusiaan ini adalah medical chek up untuk 1.000 anak di wilayah terdampak Sumatera dan Kalimantan melalui media Anjungan Tes Medik secara berkala,'' ungkap Ahmad kepada Republika, Rabu (11/11).

Selain itu, sambung Ahmad, ada pula program mitigasi bencana melalui pembentukan Community First Responder (CFR) yang melibatkan relawan lokal. Aktivitas CFR,  akan berfungsi sebagai episentrum edukasi kesiapsiagaan masyarakat berbasis sumber daya lokal dalam merespon kebencanaan.

CFR akan dipusatkan di sembilan titik Safe House yang telah didirikan di sembilan titik terdampak kabut asap. Lokasi kesembilan Safe House tersebut yakni di Jalan Abiasan Said, Jalan Sirna Raga Lrg, Melati RT. 35 Kelurahan Pipa Reja, Kecamatan Kemuning, Palembang.

Titik kedua Safe House berlokasi di Kantor Dompet Dhuafa Sumsel, Jalan Angkatan 66 No. 435C, Sekip Ujung, Palembang. Titik ketiga Safe House di Sumatera Selatan berlokasi di LKC Dompet Dhuafa Sumsel di Jalan KH. Azhari No 98, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Sebarang Ulu 1, Palembang.

Di Riau, Safe House Riau berlokasi di Jalan Tirtonadi Gg. Pembangunan  RT 03 RW 06 Pekanbaru, Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai dan di Jalan Tuanku Tambusai No. 145, Pekanbaru.

Di Provinsi Jambi, terdapat 2 titik Safe House. Titik pertama berada di Klinik Insan Madani, Jalan Lombok RT 19, Kelurahan Kebun Handil, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Sedangkan lokasi Safe House lainnya berada di RT 35, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Kotabaru, Jambi.

Sedangkan untuk di Provinsi Kalimantan Tengah, terdapat dua titik Safe House. Titik pertama berada di Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Sedangkan di titik kedua lokasi Safe House berada di Jalan Melati No 12 RT 06/RW 02, Kecamatan Hilir Sper, Barito Selatan 73712.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement